Dunia AnakInspirasi

Amankah Bayi Baru Lahir Tidur di Ruangan AC ? Berikut Penjelasannya!

Di zaman yang semakin maju, sekarang ini AC bukan hal yang langka lagi. Saat ini AC merupakan barang yang wajib ada dirumah, karena berada di ruangan AC tidur akan menjadi lebih nyaman. Namun, amankah untuk bayi baru lahir ?

Kebanyakan orang mungkin masih merasa khawatir, penggunaan AC akan mempengaruhi pada kesehatan bayi. Baik jangka pendek ataupun untuk jangka panjang yang akan dirasakan oleh bayi.

Baca juga : Perlengkapan Wajib Dibawa Saat Ajak Balita Liburan

Amankah Bayi Baru Lahir Tidur di Ruangan AC ?

Tidak ada salahnya, jika memilih memakai AC untuk mendinginkan ruangan tempat tidur bayi. Tapi Bunda juga harus memperhatikan hal-hal dibawah ini, agar penggunaan AC tidak berdampak buruk untuk kesehatan bayi.

  • Atur suhu

Kebanyakan, anak bisa tidur dengan nyaman dan terlelap di suhu ruangan yang sesuai yaitu antara 25 sampai 26 derajat Celsius. Maka aturlah AC dengan suhu tersebut, ingat ya Bunda tubuh bayi masih sangat sensitive dan rentan dibandingkan orang dewasa.

  • Arahkan AC ketempat lain

Pastikan AC tidak mengarah langsung ke tempat bayi tidur, karena bisa membuat dia FLU atau masalah kesehatan lainnya yang diakibatkan udara dingin. Bunda bisa arahkan AC ketempat lain.

  • Selalu terhidrasi dan lembab

Berada di ruangan ber AC, perhatikan jadwal pemberian ASI tetap terjaga agar bayi tidak mengalami dehidrasi. Pendingin udara AC juga dapat menyebabkan kulit bayi kering, maka Bunda harus mengoleskan pelembab pada kulitnya agar selalu lembab.

  • Gunakan selimut

Saat bayi anda tidur diruangan yang ber-AC, sebaiknya gunakan selimut untuk melindungi tubuh bayi dari suhu dingin, pakailah selimut yang ringan dan bersih untuk menutupi bayi Anda sampai siku.

  • Jangan membuat suhunya berbeda ekstrem

Apabila bayi sudah terbiasa dengan suhu di ruangan yang ber-AC, tentunya jangan tiba-tiba membawanya ke tempat yang memiliki suhu yang sangat panas. Perpindahan suhu yang tiba-tiba dari suasana yang sejuk ke yang lebih hangat bisa jadi masalah bagi tubuh bayi.

Alangkah baiknya, jika matikan AC di kamar terlebih dahulu dan biarkan bayi menyesuaikan dengan suhu kamar sebelum Bunda membawanya keluar ruangan yang memiliki suhu lebih hangat.

  • Pastikan rawat AC dengan baik

Pasalnya, kondisi kuallitas dan kebersihan AC pastinya berpengaruh kuat dengan kebersihan udara di ruangan. Jadi, sebaiknya Bunda pastikan AC yang digunakan aman dan terawat dengan baik. Pastikan juga ventilasi yang ada diruangan, agar udara dapat bergantian dengan baik.

Itulah hal-hal yang harus diperhatikan ketika bayi tidur di ruangan yang ber-AC, akan tetapi sebaiknya ajaklah bayi agar tetap beraktivitas di luar ruangan dan biarkan dia menghirup udara segar, terutama pada pagi hari.


Loading...
Baca selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close