Dunia Anak

Begini, Cara Mengalihkan Perhatian Balita yang Keseringan Bermain Gadget

Karena rasa sayangnya, orang tua Anda membelikan tablet untuk si Kecil. Tidak membutuh waktu lama bagi si kecil untuk menguasai semua permainan yang ada di gadget tersebut, hingga akhirnya si kecil akrab dengan gadget. Bagaimana cara Mengalihkan Perhatian Balita yang Keseringan Bermain Gadget?

Di minggu – minggu pertama, mungkin si kecil masih mau menuruti perkataan Anda soal waktu bermain gadget. Namun pada minggu berikutnya, si kecil tak peduli lagi dengan waktu yang Anda jadwalkan.

Apakah Anda pernah mengalami hal yang seperti ini?
Banyak orang tua yang khawatir dengan perkembangan anaknya karena sudah mulai kecanduan dengan gadget.

Pelan – pelan sikap si kecil berubah. Awalnya senang bermain bersama teman-temannya, belakangan justru menjadi lebih agresif dan mudah marah.

Bagi anak-anak introvert atau pemalu, keberanian untuk berbicara atau menegur orang lain terlebih dulu adalah sesuatu hal yang sulit. Saat si anak sudah kecanduan gadget, kemampuan bersosialisasi dan berkomunikasi mereka justru bisa semakin buruk.

Bagaimana cara Mengalihkan Perhatian Balita yang Keseringan Bermain Gadget?

Untuk mengalihkan perhatian balita yang Keseringan bermain gadget, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan seperti dibawah ini.

Berikan si kecil permainan edukatif

mengalihkan perhatian balita yang Keseringan bermain gadget

Anak balita sangat mudah bosan dengan mainan yang itu-itu saja. Berbeda dengan gadget, ibaratnya permainan modern, gadget memiliki kegiatan yang interaktif di dalamnya.

Untuk mengalihkan perhatian balita yang keseringan bermain gadget, stimulasikan anak melalui permainan yang bersifat edukatif seperti balok susun warna, puzzle, pasir berwarna, dll.

Siapkan Lembar Aktivitas untuk si kecil

Banyak sekali lembar aktivitas yang bisa Anda dapatkan tanpa harus membeli, silahkan ketik “toddler worksheet” di Google dan Anda akan menemukan bermacam pilihan lembar aktivitas untuk si kecil.

Pilihlah yang sesuai usia dan kebutuhan si kecil,Anda bisa mencetak dan memasukkannya ke dalam map file. Pada setiap map berisikan 3 sampai 6 aktivitas untuk sekali pengerjaan,sesuaikan dengan kesanggupan si kecil.

Cara mengalihkan perhatian balita yang keseringan bermain gadget, Anda bisa berikan si kecil 2 map lembar aktivitas untuk setiap hari.

Pada si kecil mengisi lembar aktivitas, bimbing ia agar tidak merasa sendirian dan ingat pada gadgetnya. Sampai semua lembar aktivitas selesai dikerjakan si kecil, berikanlah ia pujian.

Ajak si kecil Bermain di Luar

Keseringan Bermain Gadget

Sudah biasa jika si kecil senang meniru orang di lingkungan sekitarnya. Bisa jadi, kebiasaannya bermain gadget juga ditirunya dari ayah dan ibunya.

Oleh karena itu jika Anda dan suami menghabiskan waktu bersama anak, tinggalkanlah gadget Anda sejenak.

Ajaklah si kecil melakukan aktivitas fisik diluar rumah, misalnya bermain bola, petak umpet, atau ajarkan ia suatu permainan tradisional yang dulu sering Anda mainkan.

Beberapa komunitas peduli anak mempunyai agenda rutin bermain diluar rumah. Apabila Anda kehabisan ide, silahkan ajak si kecil pergi ke tempat terbuka hijau (RTH) atau perpustakaan khusus anak.

Baca juga10 Tips Agar Anak Betah Diajak Belanja di Supermarket

Luangkankanlah waktu setiap akhir pekan atau hari libur untuk beraktivitas diluar rumah bersama si kecil. Berikanlah perhatian penuh pada si kecil saat bermain.

Apabila Anda dan suami rutin melakukan beberapa cara tersebut, Anda akan terkesima saat si kecil mulai lupa dengan gadgetnya. Intinya,  anak lupa dari gadget adalah keterlibatan Anda dan kerjasama yang baik antara Anda bersama suami.


Loading...
Baca selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close