Cara Agar Anak Mau Makan Sayur dan Buah-buahan

Begini Cara Agar Anak Mau Makan Sayur dan Buah-buahan

Orangtua harus bersabar, khususnya jika anak tidak mau makan sayur dan buah-buahan. Di usia 5 – 10, biasanya anak menolak makanan jenis sayuran dan buah, mereka lebih tertarik terhadap mainan dibandingkan makanan. Oleh sebab itu, diperlukan kiat khusus agar anak mau makan sayur dan buah-buahan.

Makan buah dan sayur harus setidaknya satu kali dalam sehari. Ini bukan hal yang mudah dituruti oleh anak-anak. Lagipula beberapa jenis sayur rasanya pahit.

Perlu perhatian khusus untuk mengolah bahan sayuran agar lebih terasa menarik, khususnya bagi anak-anak.

Anak yang susah makan sayur sebaiknya jangan dipaksa atau dimarahi. Sebab apabila dipaksa akan membuat anak semakin menghindari makanan tersebut, khususnya sayur-sayuran.

Selain itu, anak-anak juga akan selalu berpikir bahwa sayur adalah makanan yang tidak enak, jika Anda saja sampai harus memberinya hadiah supaya ia mau memakannya.

Nah, hal-hal seperti ini justru membuat anak-anak jadi semakin susah untuk makan sayur dan buah-buahan.

Cara Agar Anak Mau Makan Sayur dan Buah-buahan

Agar Anak Mau Makan Sayur dan Buah-buahan

1. Hidangkan sayuran sejak kecil

Agar anak mau makan sayur, maka Anda harus membiasakannya sejak kecil, saat mereka sudah mulai mengonsumsi MPASI. Lakukan kebiasaan menyajikan sayuran bagi anak-anak sebagai makan siang dan makan malam sampai dia beranjak besar.

Agar anak tidak bosan, hidangkan berbagai macam sayur dalam menu makannya setiap hari. Jangan berikan sayur yang selalu sama, apalagi bila pada dasarnya anak memang susah makan sayur.

2. Tawarkan semua jenis sayuran

Anak Anda mungkin memuntahkan bayam saat makan, namun jangan cepat menyerah. Bahkan, jika Anda tidak berhasil membuat anak makan sayur dalam beberapa waktu, tetap jangan putus asa.

Agar anak mau makan sayur, cobalah beragam sayuran lainnya seperti selada, buncis, brokoli, wortel, sawi, bok choy, kangkung, kacang panjang, dan lain-lain.

Dengan menawarkan sayuran yang beraneka ragam, anak akan lebih banyak mengenal jenis dan rasa sayuran. Jadi, tetaplah mengenalkan beragam sayuran sampai anak Anda menemukan sayuran yang paling mereka sukai.

 3. Jangan menyembunyikan sayuran

Menyembunyikan sayuran di dalam makanan lain seperti telur mungkin menjadi salah satu cara mengatasi anak susah makan sayur.

Sayangnya, cara ini tidak selalu berhasil. sebab, anak perlu dikenalkan sayuran dalam bentuk dan rasa yang asli, bukan harus disembunyikan dan diolah jadi makanan lain.

Hal ini juga bisa menjadi hal yang tidak baik, anak-anak bisa kehilangan kepercayaan terhadap makanan ketika menyadari bahwa selama ini mereka telah dibohongi.

Anak juga mungkin jadi tidak mau makan sayur kalau tidak disembunyikan dan diolah sedemikian rupa. Ini tentu bukan kebiasaan makan yang baik bagi anak.

4. Jadi teladan buat anak

Agar anak mau makan sayur, maka pastikan Anda pun menyukainya. Ingat, anak adalah cerminan orangtua. Maka, jadilah panutan yang baik untuk anak-anak Anda. Tunjukkan sayuran adalah makanan enak dan menyehatkan.

Makanlah dengan cara yang menyenangkan dan buatlah menu makan yang menggugah selera, sehingga anak Anda pun akan menyukai sayuran dengan cara yang Anda tunjukkan padanya.

Agar sayuran terlihat lebih menggoda, masak sayur dengan berbagai warna cerah. Misalnya menambah wortel di cap cay, jagung manis di sayur bayam, dan potongan tomat di sup ayam.

5. Ajak Anak untuk Memasak bersama

Apabila perlu, ajak anak Anda untuk memasak bersama, kenalkan pada anak tentang manfaat sayuran yang sedang ia masak. Mungkin anak justru bikin dapur jadi berantakan, namun ini adalah cara terbaik untuk menciptakan suasana yang positif bersama anak Anda.

Selain itu, si kecil juga akan lebih terdorong untuk makan sayur hasil masakannya sendiri.

Baca jugaTips Memperbaiki Nafsu Makan Balita

Selain mengenalkan anak dengan manfaat dan cita rasa sayuran, memasak bersama juga akan memperkuat ikatan batin Anda dengan sang buah hati.

Bagikan

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *