Dunia Anak

Cara Ampuh Atasi Anak Rewel

Kebanyakan, anak-anak usia balita mereka menunjukan emosi yang ia rasakan dengan menangis, itu merupakan hal yang wajar. Akan tetapi, ketika anak menangis tentu akan membuat orangtua kuwalahan atasi anak rewel.

Terkadang, ada orangtua yang tidak ingin melihat anaknya menangis walau sebentar saja. Orangtua akan langsung memberikan apa yang anak inginkan agar anak itu tidak menangis, tapi hal ini adalah suatu contoh kegiatan yang salah. Hal ini akan membuat anak jadi manja, dan menangis akan menjadi kebiasaannya ketika keinginannya tidak dipenuhi.

Baca juga : Tips Mendidik Agar Anak Disiplin

Cara Ampuh Atasi Anak Rewel

Apabila sering memanjakan anak, dia akan tumbuh dengan sifat cengeng. Hal ini akan mempengaruhi kegiatan sosialisasi anak dengan pergaulannya. Karena, kebanyakan anak cengeng itu memiliki sifat tidak percaya diri, malu, takut, dan merasa ragu terhadap kemampuannya.

Sebaiknya, Bunda jangan sampai menyepelekan hal ini. Bisa jadi anak akan terhambatan untuk berkembang dan bergaul di dunia luar ataupun masa depannya. Perhatikan cara-cara dibawah ini untuk atasi anak ketika rewel.

  • Pantau perkembangan kecerdasan emosional anak

Orangtua harus selalu memantau perkembangan anaknya, dan bisa dengan baik mengenali sikapnya. Kecerdasan emosional merupakan kemampuan untuk mengenali serta mengelola perasaannya sendiri juga perasaan orang lain.

Anak yang memiliki kecerdasan emosional akan mengetahui hal-hal yang disukainya dan yang tidak disukai. Jadi kalau ada hal yang membuatnya resah, dia akan mengomunikasikan perasaan tersebut dengan baik pada orangtuanya, tidak dengan menangis.

  • Cari tahu keinginan anak

Ketika anak merengek lalu menangis, cobalah untuk mencari tahu apa yang dia inginkan. Jangan sampai Bunda terbawa emosi, yang harus dilakukan adalah tenangkan diri Bunda, lalu berpikir cepat bagaimana untuk menenangkan anak rewel.

Selanjutnya, tatap mata anak dengan penuh kasih sayang, pegang bahunya dengan tegas tapi tidak kasar. Tanya padanya dengan nada yang lembut, apa yang telah membuat ia menangis dan apa yang dia inginkan. Minta agar ia berhenti menangis dan berbicara dengan tenang.

  • Alihkan Perhatiannya

Contohnya, untuk alasan kesehatan Bunda melarangnya untuk makan es krim. Tetapi dia terus merengek untuk minta dibelikan es krim, disini Bunda harus bisa mengalihkan perhatiannya. Misalnya dengan mengajaknya melihat hal-hal yang dia senangi, atau bermain bersama.

Setelah itu beri dia penjelasan mengapa anak harus menghindari es krim. Buatlah dia mengerti, dengan begitu anak tidak akan rewel lagi ketika melihat es krim.

Itulah cara atasi anak rewel, pastikan Bunda selalu sabar dan telaten dalam menghadapi sikap-sikap anak.

Baca selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Close