Dunia Anak

Ciri-ciri Anak Mengalami Terlambat Bertumbuh Kembang

Semua orangtua pasti ingin anaknya tumbuh dengan baik sesuai usianya, meskipun kemampuan setiap anak berbeda-beda. Tapi jika anak mengalami terlambat bertumbuh kembang, hal ini perlu diwaspadai dan ditangani secepatnya dengan baik. Untuk itu wajib mengetahui Hal Yang Menyebabkan Terhambatnya Tumbuh Kembang Anak. Pasti tidak ada yang mau jika anaknya mengalami terlambat dalam bertumbuh kembang.

Tumbuh kembang anak dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu faktor genetik dan faktor lingkungan. Faktor genetik merupakan faktor yang disebabkan oleh garis keturunan yang tidak bisa dicegah, sedangkan faktor lingkungan merupakan hal disekitar anak yang bisa mempengaruhi kebiasaan, kondisi, serta sikap anak.

Ciri-ciri Anak Mengalami Terlambat Bertumbuh Kembang

Pada dasarnya anak harus mendapatkan asuhan dan kasih sayang yang tepat dari orangtuanya, berhasil atau tidaknya anak dalam bertumbuh kembang dapat dilihat melalui perilaku anak sehari-hari. Orangtua harus bisa menilai apakah anak sudah bertumbuh kembang sesuai usianya, atau anak mengalami terlambat bertumbuh kembang.

  1. Pada usia 3 bulan bayi belum bisa menegakan kepalanya ketika digendong dari tempat tidurnya.
  2. Memasuki usia 4 bulan bayi tidak mau meraih mainan atau benda lain yang ada didekatnya.
  3. Pada usia 5-6 bulan bayi hanya menggulingkan badannya kekanan dan kekiri, dan tidak mampu duduk walaupun dengan bantuan.
  4. Usia 7 bulan, ketika diposisikan duduk bayi tidak kuat mengangkat kepalanya.
  5. Pada usia 7 bulan keatas, bayi tidak tertarik untuk memasukan benda-benda disekitarnya ke mulut.
  6. Memasuki usia 1 tahun, bayi belum bisa merangkak atau tidak mau menggerakkan kakinya.
  7. Pada usia 2 tahun, bayi tidak mampu menapakkan kakinya untuk berdiri dengan baik.

Jika bayi sudah menunjukan beberapa dari ciri-ciri diatas sebaiknya segera konsultasikan ke bidan atau dokter anak, karena tanda bayi mengalami gagal bertumbuh kembang harus dibuktikan dengan serangkaian tes khusus.

Apabila anak sudah positif mengalami terlambat bertumbuh kembang, jangan ragu untuk mengajak anak menjalani beberapa terapi khusus untuk menstimulasi syaraf motorik dan kognitifnya. Selain itu Bunda juga bisa menstimulasi anak dirumah, melaluiĀ Inilah Permainan Yang Bagus Untuk Perkembangan Anak. Tentunya harus dengan kesabaran dan telaten.


Loading...
Baca selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close