Dunia Anak

Dampak Yang Akan Terjadi Jika Anak Jajan Sembarangan

Kebanyakan anak-anak jika disekolah pasti membeli jajan, terlebih jaman sekarang banyak jajanan yang dikemas menarik agar anak tertarik untuk membelinya. Tapi sayangnya sekarang ini banyak penjual jajanan yang kurang memperhatikan barang jajanannya, para penjual hanya memikirkan keuntungan mereka saja. Tanpa menjaga kebersihan, dan keamanan bahan-bahan yang dipakai untuk mengolah jajanan tersebut. Lalu apa saja dampak yang akan terjadi jika anak jajan sembarangan?

Untuk para orangtua harus mengetahuiTips Cerdas Agar Anak Tidak Suka Jajan Sembarangan, karena jajan ditempat umum memang sangat mengkhawatirkan. Ditakutkan jika makanan tersebut mengandung zat makanan yang berbahaya, yang tidak baik untuk kesehatan tubuh pada anak-anak.

Dampak Yang Akan Terjadi Jika Anak Jajan Sembarangan

  1. Tidak Terjamin Kebersihannya

    Kebersihan pada makanan itu adalah hal yang paling penting, adanya kriteria kebersihan ini bertujuan untuk menandakan makanan ini layak dikonsumsi atau tidak. Karena jika kebersihannya kurang, itu tandanya makanan ini justru mengandung bibit-bibit kuman. Dan dapat menyebabkan penyakit bagi yang mengkonsumsinya, tentunya dapat membahayakan kesehatan anak.

    Faktor kebersihan ini dapat dilihat dari tempat, bahan makanan, pencucian yang tidak bersih, proses pembuatan makanan, kebersihan peralatan.
    Jika anak konsumsi makanan yang kurang higenis dapat menyebabkan sakit perut, muntah-muntah, hingga diare.

  2. Kualitas Mutu Rendah

    Mengapa makanan yang dijual oleh pedagang pinggir jalan lebih murah, daripada makanan yang dijual didalam toko? Itu karena bahan baku yang digunakan berbeda, yang memiliki harga murah tentu menggunakan bahan baku memiliki kualitas rendah. Sehingga tidak mengandung nutrisi yang baik untuk anak, bahkan dapat menimbulkan masalah kesehatan pada anak karena proses pengolahan yang asal-asalan.

  3. Terkontaminasi Cacing dan Bakteri

    Makanan yang sudah dihinggapi oleh lalat akan mengandung bakteri, dan dapat menyebabkan anak terkena resiko cacingan. Seperti yang sudah diketahui cacing bisa tumbuh dimana saja, apalagi pada makanan yang tidak tertutup dan sudah dihinggapi lalat. Bakteri yang ada pada makanan tersebut dapat menimbulkan sakit perut dan diare pada anak.

  4. Mengandung Zat Pewarna dan Pemanis Buatan

    Para pedagang pasti memerlukan bahan-bahan agar dagangannya terlihat menarik, tapi mereka tidak ingin mengeluarkan banyak biaya itu membeli bahan tersebut. Sehingga digunakanlah zat perwarna sintetik, yang tentu berbahaya jika dikonsumsi pada anak-anak. Tak lupa juga rasa manis yang ada pada permen, itu juga terbuat dari pemanis buatan yang dapat menimbulkan resiko obesitas pada anak.


Loading...
Baca selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close