Dunia Anak

Dampak Yang Akan Terjadi Jika Terlalu Memanjakan Anak

Seluruh orangtua pasti meyayangi anaknya, sehingga mereka selalu memanjakan anak dengan menuruti semua kemauan si kecil agar tidak menangis. Tapi perlakuan seperti itu jika terus dilakukan justru akan berdampak buruk pada si kecil, anak akan tumbuh menjadi anak yang manja dan selalu bergantung dengan orang lain. Hal tersebut akan berdampak buruk jika anak sudah tumbuh dewasa nanti.

Tidak ada salahnya orangtua meberikan perhatian kepada anaknya, itu merupakan hal yang wajar dan memiliki dampak positif terhadap hubungan anak dan orangtua. Tapi jika terlalu berlebihan justru akan menimbulkan dampak negatif pada pribadi anak.

Dampak Yang Akan Terjadi Jika Terlalu Memanjakan Anak

  1. Anak Kurang Mandiri

    Anak Kurang Mandiri
    Anak Kurang Mandiri

    Dengan selalu memanjakan anak, menuruti semua kemauan anak, membiarkan anak jika melakukan kesalahan. Perlakuan tersebut dapat membuat anak tumbuh menjadi anak yang kurang mandiri, sebab si kecil selalu mendapatkan perlakuan istimewa dari orangtuanya. Jika sejak kecil anak tidak terbiasa mandiri, akan mempengaruhi sikapnya ketika ia dewasa. Saat ia melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, saat ia bekerja, atau saat ia sudah berkeluarga. ( Tips Mendidik Anak agar Menjadi Pemberani dan Mandiri )

  2. Kesulitan Mengembangan Kemampuan

    Saat anak teerus dimanja, diberi kemudahan oleh orangtuanya hal itu akan menghambat anak dalam mengembangkan kemampuannya. Karena salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan anak adalah dengan menempatkan anak pada posisi yang mendesak, memberi anak suatu tantangan agar anak dapat berfikir cara menyeselaikan suatu tantangan tersebut.

  3. Sulit Berteman

    Anak yang sudah terlanjur memiliki sifat manja, ia juga akan memiliki sifat cengeng dan egois. Hal itu akan menjadikan anak sulit dalam menjalin sebuah pertemanan, karena ia cenderung selalu memikirkan dirinya sendiri.

  4. Selalu Bergantung Pada Orang Lain

    Selalu dimanja sejak kecil akan membuat anak menjadi ketergantungan pada oranglain, hal itu akan baik-baik saja jika anak masih bersama orangtuanya. Tapi bagaimana jika anak berada di lingkungan sosial, misalnya dilingkungan sekolah. Akan semakin nampak jelas bahwa anak yang manja akan sulit berkembang.

  5. Selalu Ingin Menang Sendiri

    Selalu Ingin Menang Sendiri
    Selalu Ingin Menang Sendiri

    Terlalu memanjakan anak, membuat anak terbiasa mendapatkan semua keinginannya. Sehingga pada saat dilingkungan sosial anak juga merasa ingin menang sendiri, ia tidak suka dengan kekalahan. Apabila suatu saat ia mengalami kekalahan akan menimbulkan rasa kekecawaan yang dalam, karena sebelumnya ia selalu di beri kemudahan oleh orangtuanya.

  6. Mudah Menyerah

    Karena semua kemauan anak selalu dipenuhi oleh orangtuanya, membuat anak tidak pernah merasakan berproses atau berusaha. Sehingga saat anak berada disekolahan ia akan kesulitan dalam memecahkan masalah, dan selalu mudah menyerah.


Loading...
Baca selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close