Dunia Anak

Deretan Makanan Sehat Yang Dapat Mencerdaskan Anak

Anak harus selalu dibekali dengan makanan-makanan sehat, untuk dapat tumbuh kembang secara optimal. Sejak berada dalam kandungan, anak harus diberi nutrisi lewat asupan makanan, vitamin, dan susu ibu hamil yang di konsumsi oleh Bunda. Setelah anak lahir, dilanjutkan dengan pemberian ASI ekseklusif. Saat menginjak usia 6 bulan, anak sudah harus diberikan makanan sehat yang dapat mencerdaskan anak.

Bunda pastinya ingin memiliki anak yang cerdas dan berprestasi, untuk itu kita harus mendukungnya dengan memberikan makanan sehat dan bergizi untuk anak. Agar nutrisinya terpenuhi secara optimal, sehingga anak dapat menjalankan aktivitas dengan penuh semangat.

Makanan Sehat Yang Dapat Mencerdaskan Anak

Ada beberapa makanan yang dapat menunjang perkembangan otak, dan dapat memperbaiki fungsi otak, daya ingat serta konsentrasi anak pada masa pertumbuhannya.

  1. Sayuran

    Makanan yang satu ini harus ada dalam menu sarapan anak setiap hari, contohnya seperti bayam, tomat, brokoli, wortel, dll. Karena nutrisi yang terkandung dalam sayuran dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, serta memelihara kesehatan membran sel. Sayuran memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat mencegah resiko kanker.

  2. Telur

    telur merupakan makanan sehat
    telur merupakan makanan sehat

    Makanan yang paling mudah didapat dan cara mengolahnya pun mudah, tak hanya itu telur juga memiliki rasa yang lezat sehingga banyak disukai oleh anak-anak. Telur memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, didalam telur terdapat kandungan kolin yang bertugas untuk membantu perkembangan otak.

  3. Ikan

    Ikan merupakan makanan sehat yang dapat mencerdaskan otak anak, contohnya ikan salmon. Ikan salmon memiliki kandungan asam lemak omega 3, yang bermanfaat untuk memelihara fungsi dan pertumbuhan otak anak. Jika Bunda mendambakan anak yang cerdas, jangan lupa tambahkan menu ikan salmon dalam menu makan anak.

  4. Kacang Hijau

    Manfaat Kacang Hijau Untuk Menunjang Pertumbuhan Anak sangat bagus, kandungan nutrisi dalam kacang hijau sangat penting bagi tubuh dan perkembangan otak anak. Maka dari itu sangat direkomendasikan, kepada seluruh anak untuk selalu rutin makan kacang hijau. Tak hanya memiliki segudang nutrisi, tapi kacang hijau memiliki rasa yang lezat dan harga yang terjangkau.

  5. Susu dan Yogurt

    Yogurt dan susu memiliki manfaat yang banyak untuk anak, karena kaya akan protein, vitamin D, dan vitamin B yang berperan penting pada pertumbuhan jaringan otak, neurotrasmitter, serta enzim. Yogurt dan susu juga mudah dicerna dalam proses metabolisme tubuh.

  6. Buah Beri

    buah beri merupakan makanan sehat
    buah beri merupakan makanan sehat

    Buah yang memiliki rasa asam manis seperti stroberi, blueberi, dan blackberi ini kaya akan antioksidan dan vitamin C. Dengan konsumsi buah ini akan dapat meningkatkan daya ingat pada anak, sehingga sangat bagus untuk menunjang pertumbuhannya.

  7. Daging Sapi

    Dagiing sapi merupakan sumber zat besi, yang dapat membuat anak tetap berenergi dan dapat berkonsentrasi dengan baik. Pastikan memilh daging sapi yang bebas lemak, karena daging sapi bebas lemak sumber zat besinya mudah diserap oleh tubuh.

Itulah deretan makanan sehat yang dapat mencerdaskan anak, otak merupakan organ pertama dari tubuh yang menyerap semua nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. Maka dari itu sangat penting memberikan asupan nutrisi yang tepat untuk anak, tujuannya agar dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan otak agar lebih maksimal.

Baca selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close