Dunia Anak

Deretan Makanan Untuk Meredakan Perut Kembung Pada Anak

Ketika anak mengalami perut kembung mereka cenderung akan rewel, karena ada rasa yang tidak nyaman pada bagian perutnya. Tentunya membuat anak tidak mau melakukan aktivitas, bahkan mereka juga sulit atau tidak mau makan. Ada baiknya jika Bunda mengetahui Inilah Hal Yang Menyebabkan Perut Kembung Pada Anak, agar Bunda dapat meredakan perut kembung pada anak dengan baik.

Makanan Untuk Meredakan Perut Kembung Pada Anak

  1. Semangka
    Buah semangka memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi, buah ini juga bersifat diuretik sehingga dapat memicu ginjal untuk membuang air kencing. Buah ini juga mengandung elektrolit dan enzim yang diperlukan tubuh untuk mencerna berbagai zat seperti pemanis tambahan. Dengan konsumsi buah semangka perut yang kelebihan cairan atau gas akan segera teratasi.
  2. Pisang

     Makanan Untuk Meredakan Perut Kembung Pada Anak
    Makanan Untuk Meredakan Perut Kembung Pada Anak

    Pisang juga buah yang memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi, hal itu berguna untuk mencegah kelebihan cairan serta menetralkan kadar sodium dalam tubuh. Tak hanya itu, pisang juga mengandung serat larut yang dapat melancarkan pencernaan. Selain itu pisang juga dapat menguraikan makanan yang menumpuk didalam perut.

  3. Pepaya

     Makanan Untuk Meredakan Perut Kembung Pada Anak
    Makanan Untuk Meredakan Perut Kembung Pada Anak

    Buah pepaya sudah sangat terkenal sangat baik untuk memelihara kesehatan sistem pencernaan, mengandung enzim papain yang dapat menguraikan protein dalam saluran pencernaan. Selain itu pepaya juga mengandung serat dan zat-zat anti peradangan, yang berfungsi untuk meredakan perut kembung.

  4. Yogurt
    Minuman yang memiliki rasa asam ini juga dapat meredakan perut kembung pada anak, karena yogurt berbeda dengan susu. Yogurt dibuat melalui beberapa tahapan proses, sehingga membuatnya mudah dicerna oleh tubuh. Kandungan priboitiknya juga dapat mengusir bakteri yang dapat menyebabkan perut kembung.
  5. Timun
    Timun bersifat antioksidan, karena mengandung quercetin yang dapat mengurangi rasa begah pada perut. Didalam timun juga mengandung silika, asam kafeat, dan vitamin C yang dapat mencegah retensi cairan dalam tubuh.

Makanan Yang Harus Dihindari Ketika Perut Kembung

  1. Makanan Asin
    Kandungan sodium yang tinggi dapat menyebabkan perut kembung.
  2. Produk Susu
    Laktosa yang terdapat pada susu sulit dicerna oleh tubuh, sehingga menyebabkan perut kembung.
  3. Kubis
    Kubis mengandung zat gula raffinose, yang akan dicerna oleh proses fermentasi bakteri. Proses itulah yang dapat menyebabkan perut kembung.
  4. Makanan Yang Mengandung Pemanis Buatan
    Pemanis buatan sulit dicerna oleh tubuh dan dapat menyebabkan perut kembung.

Loading...
Baca selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close