Dunia Anak

Hal Yang Menyebabkan Terhambatnya Tumbuh Kembang Anak

Semua orangtua pasti mengharapkan anaknya dapat bertumbuh kembang sesuai dengan usianya, karena pertumbuhan anak merupakan prioritas para orangtua. Kebanyakan orangtua akan bangga jika anaknya memiliki kemampuan yang lebih, misalnya anak pada usia 1 tahun sudah bisa jalan. Tapi perkembangan tiap anak tentu berbeda-beda, dibawah ini merupakan hal yang menyebabkan terhambatnya tumbuh kembang anak.

  1. Kekurangan Asupan Nutrisi

    Kekurangan Asupan Nutrisi
    Kekurangan Asupan Nutrisi

    Nutrisi sangat penting untuk menunjang pertumbuhan anak, karena otak serta organ tubuh anak memerlukan nutrisi agar dapat bekerja secara maksimal. Selain nutrisi seperti vitamin, kalsium dan mineral, tubuh juga memerlukan asupan protein yang cukup. Manfaat Protein Untuk Pertumbuhan Balita sangat penting, protein dapat membantu anak agar dapat tumbuh tinggi dan cerdas.

    Anak juga memerlukan asupan karbohidrat, untuk menjaga tubuh agar selalu berenergi. Tubuh yang berenergi dapat melancarkan segala aktivitas yang dilakukan oleh anak, tapi terlalu banyak asupan karbohidrat juga dapat menyebabkan anak kelebihan berat badan. Untuk itu berilah asupan nutrisi dengan takaran yang pas, sesuai dan seimbang.

  2. Kurang Olahraga

    Selain asupan makanan yang bernutrisi, olahraga juga penting untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Pada umumnya anak yang sering bergerak aktif lebih baik, daripada anak yang pasif yang sukanya hanya bermalas-malasan saja. Untuk itu ajaklah anak agar rutin berolahraga, olahraga memberi dampak positif bagi pertumbuhan anak.  Tak hanya itu, olahraga juga dapat menjaga berat badan anak agar tidak kegemukan.

  3. Kurangnya Waktu Tidur Anak

    Tak hanya olahraga, tapi tidur pun memiliki peran penting terhadap pertumbuhan anak. Karenna pada saat anak tidur, otot anak akan bertumbuh kembang lebih cepat. Selain itu, tidur juga dapat menghilangkan rasa lelah pada tubuh anak, dengan tubuh yang segar anak dapat melakukan aktifitas dengan baik.

  4. Anak Susah Makan

    Anak yang susah makan juga menjadi penyebab terhambatnya tumbuh kembang anak, mengingat makan adalah kebutuhan agar anak tumbuh dengan sehat. Untuk itu para orangtua harus pandai-pandai membujuk anaknya agar mau makan. ( Tips Mudah Menangani Anak Yang Susah Makan )

  5. Kurangnya Stimulasi Untuk Anak

    Kurangnya Stimulasi Untuk Anak
    Kurangnya Stimulasi Untuk Anak

    Jika semua kebutuhan nutrisi anak sudah terpenuhi, rajin berolahraga, anak sudah makan dengan baik. Ada satu hal lagi yang dapat menghambat tumbuh kembang anak, yaitu kurangnya stimulasi dari orangtua. Orangtua harus bisa memberikan stimulasi yang baik, agar anak juga dapat bertumbuh kembang dengan baik.


Loading...
Baca selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close