Dunia Anak

Hal Yang Wajib Diketahui Saat Pertama Kali Memberi MPASI

Memiliki buah hati adalah hal yang paling membuat para Bunda bahagia, apalagi jika Baby sudah berusia 6 bulan. Pasti masih banyak yang bingung ingin memberikan MPASI apa untuk Baby, disupermarket atau swalayan sudah banyak dijual bubur instan untuk bayi usia 6 bulan. Meskipun demikian, MPASI homemade buatan Bunda pasti lebih bergizi. Sebelumnya, ada beberapa hal yang wajib diketahui saat pertama kali memberi MPASI.

Hal Yang Wajib Diketahui Saat Pertama Kali Memberi Anak MPASI

Pada usia 6 bulan, sistem pencernaan anak pastinya masih belum sempurna. Untuk itu perlu berhati-hati dalam memberikan MPASI untuknya.

  • Hindari Pemberian Sayuran Yang Bertekstur Keras

    sayuran bertekstur keras
    sayuran bertekstur keras

Pada tahap awal pemberian MPASI sebaiknya yang bertekstur sangat lembut dan sedikit encer, hal itu bertujuan agar Baby dapat mencerna makanan dengan mudah. Karena Baby belum terbiasa dengan makanan, maka berilah sedikit demi sedikit dulu.

  • Jangan Memberi Terlalu Banyak Makanan Yang Dapat Menimbulkan Gas

    sayuran yang dapat menimbulkan gas
    sayuran yang dapat menimbulkan gas

Kubis, seledri, jagung manis, dan brokoli merupakan makanan yang dapat menimbulkan gas berlebih didalam tubuh. Sebaiknya dihindari dulu, karena jika tidak makanan ini dapat membuat perut Baby menjadi kembung.

  • Sebaiknya Tunda Pemberian Ikan

Hal yang wajib diketahui saat pertama kali memberi MPASI, sebaiknya tunda dulu pemberian ikan. Ikan dapat menimbulkan alergi pada tubuh Baby, apalagi diusia 6 bulan ini pasti sistem kekebalan tubuhnya masih belum sempurna. Sebaiknya pemberian MPASI ikan dtunda dulu hingga Baby berusia 9 bulan, hal ini dilakukan demi menyelamatkan Baby terkena alergi. ( Baca : Mengenali Tanda-tanda Balita Alergi Seafood )

  • Hindari Makanan yang Mengandung Gluten

Gluten juga dapat memicu alergi pada tubuh bayi, gluten merupakan protein yang terdapat pada biji-bijian seperti gandum. Pemberian gluten sebaiknya dilakukan jika Baby sudah berusia 9 bulan.

  • Hindari Penyedap Rasa dan Garam

Ginjal pada Baby berusia 6 bulan tentu belum bisa berkerja secara sempurna, penyedap rasa mengandung natrium yang dapat menggangu kinerja ginjal Baby. Jadi sebaiknya hindari pennggunaan penyedap rasa saat Baby masih berusia 6 bulan, Bunda baru boleh memberikannya jika Baby sudah berusia 9 bulan. Itupun hanya boleh dalam jumlah yang sangat sedikit.

  • Jaga Kebersihan

Karena Baby sistem kekebalan tubuhnya belum sempurna, sehingga sangat rentan terhadap kuman, virus, dan bakteri. Untuk itu selalu jaga kebersihan alat makan Baby, alat masak, dan selalu cuci tangan sebelum menyuapi Baby.

Baca selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close