Dunia Anak

Inilah Dampak Positif Jika Anak Makan Es Krim

Tidak ada anak yang akan menolak jika diberi es krim, tapi kebanyakann orangtua melarang anaknya untuk konsumsi es krim karena dapat merusak gigi, dan menyebabkan flu. Tapi jika es krim di konsumsi dalam jumlah yang tidak melebihi batas, dijamin aman-aman saja. Dan tak sepenuhnya es krim itu makanan yang buruk, ada beberapa dampak positif anak makan es krim.

Pada Usia Berapa Anak Boleh Makan Es Krim?

Pada usia 1 tahun keatas sudah boleh konsumsi es krim, asalkan hanya sesekali dan tidak dalam jumlahh yang banyak. Diusianya yang sudah menginjak 1 tahun, bayi sudah boleh diperkenalkan dengan makanan olahan, seperti keju, yogurt, dan juga es krim. Dengan mengenalkan macam-macam rasa serta tekstur makanan dapat memperkaya indera perasanya.

Dampak Positif Anak Makan Es Krim

  • Kaya Akan Kandungan Kalsium
    Komposisi utama es krim adalah susu, susu terkenal dengan kandungan kalsium yang tinggi dan nutrisi. Kalsium merupakan komponen penting untuk pertumbuhan serta memperkuat tulang anak, dan nutrisinya yang menjadi sumber energi untuk anak.
  • Memelihara Gigi dan Gusi
    Es krim mengandung kalsium yang tinggi, sehingga dapat memelihara kesehatan gigi dan gusi anak. Karena gigi anak sangat rentan keropos, dengan konsumsi kalsium yang cukup akan membantu anak terhindar dari gigi keropos.
  • Mencegah Peradangan
    Rasa cokelat es krim juga sangat baik untuk tubuh, es krim coklat kaya akan flavonoid dapat mecegah peradangan pada arteri jantung. Dark chocolate memiliki flavonoid yang dapat melindungi arteri jantung dari kelelahan.
  • Kaya akan Kandungan Vitamin
    Susu sudah terkenal dengan kandungannya yang kaya akan vitamin, tentunya sangat baik untuk pertumbuhan anak. Dalam satu sendok es krim memiliki kandungan vitamin A, D, K dan B12.
  • Mengandung Protein
    Pastinya tubuh memerlukan Protein setiap hari untuk membangun serta memelihara jaringan otot. Dengan konsumsi es krim kebutuhan protein senantiasa akan terpenuhi.
  • Rendah Kandungan Lemak
    Jika takut konsumsi es krim karena dapat menaikan berat badan, itu adalah pernyataan yang salah. Es krim terbuat dari susu skim yang rendah lemak, serta memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Baca juga : Makanan yang Cocok untuk Bayi Usia 1 Tahun

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memberi Es Krim Pada Anak

  1. Pastikan Kebersihannya
  2. Cek komposisinya
  3. Jangan Terlalu Banyak

Nah Bunda, setelah baca penjelasan tentang es krim diatas, jangan ragu untuk berikan anak es krim ya. Asalkan masih dalam batas wajar dan tidak berlebihan tidak akan membuat anak flu dan tidak akan merusak giginya.

Baca selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Close