Dunia Anak

Inilah Hal Yang Menyebabkan Perut Kembung Pada Anak

Meskipun perut kembung bukan penyakit yang berbahaya, tapi tetap saja jika anak mengalami perut kembung maka ia akan merasa tidak nyaman. Sebagian anak akan rewel, bahkan tidak mau melakukan aktivitas ketika perutnya kembung. Jangan biarkan anak terlalu lama mengalami perut kembung, dibawah ini merupakan hal yang menyebabkan perut kembung pada anak.

Hal Yang Menyebabkan Perut Kembung Pada Anak

Sebelumnya Bunda harus mengetahui apa saja yang bisa menyebabkan perut kembung pada anak, agar Bunda dapat melakukan pencegahan sebelumnya. Karena pada dasarnya lebih baik mencegah daripada mengobati.

  1. Minimnya Asupan Air Putih

    Minimnya Asupan Air Putih
    Minimnya Asupan Air Putih

    Air putih dikenal dapat menyehatkan tubuh kita, bahkan setiap orang wajib minum air putih minimal 8 gelas tiap harinya. Kebanyakan anak-anak sulit jika disuruh minum air putih, padahal air putih dapat menjadi obat pencegah perut kembung. Jadi sebaiknya biasakan agar anak selalu rutin minum air putih yang cukup setiap hari.

  2. Makanan Tinggi Karbohidrat
    Karbohidrat sangat baik untuk menunjang pertumbuhan anak, karbohidratlah yang membuat tubuh anak berenergi dan tidak lemas saat melakukan aktivitas. Tapi jika terlalu banyak konsumsi makanan yang tinggi karbohidrat, justru dapat membuat perut anak kembung. Karena karbohidrat cenderung sulit dicerna, sehingga usus tidak dapat menyerapnya secara sempurna.
  3. Makanan Tinggi Serat dan Lemak
    Serat sangat baik untuk memelihara sistem pencernaan anak, tapi alangkah baiknya jika Bunda memberikan jumlah serat dan lemak dalam jumlah yang secukupnya saja. Agar anak terhindar dari gangguan pencernaan, serta perut kembung.
  4. Proses Pengunyahan Yang Tidak Sempurna
    Kebanyakan anak hanya mengunyah makanan dalam waktu yang singkat, hal itu menyebabakan makanan belum di kunyah secara sempurna dan dapat memicu perut kembung pada anak.
  5. Konsumsi Sayuran Yang Dapat Menimbulkan Gas Didalam Perut
    Ada beberapa sayuran yang memang jika dikonsumsi dapat menimbulkan gas didalam perut, contohnya kacang-kacangan, brokoli, dan kol. Untuk menghindari agar perut anak tidak kembung, maka berikan sayuran tersebut dalam jumlah yang sedikit saja. ( Makanan Untuk Anak yang Sering Muntah )

Loading...
Baca selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close