Dunia Anak

Inilah Kesalahan Ketika Melatih Anak Tidur Sendiri

Melatih anak untuk tidur sendiri memang membutuhkan persiapan, dan kesabaran yang lebih. Latihlah anak dengan penuh kasih sayang, dan jangan sesekali memaksa anak. Untuk itu para orang tua harus mengetahui Tips Ampuh Melatih Anak Berani Tidur Sendiri, agar tidak ada kesalahan ketika melatih anak tidur sendiri.

Melatih si Kecil tidur sendiri sejak dini, hal ini juga bermanfaat untuk membangun rasa disiplin dan mandiri. Selain itu juga bermanfaat untuk meningkatkan kepercayaan diri pada anak, dan membuat anak menjadi pemberani.

  1. Tidak Membiarkan Anak Mengenal Kamarnya

    Inilah kesalahan yang paling penting, sebelum melatih anak tidur sendiri hendaknya membiarkan anak mengenal kamarnya terlebih dahulu. Contohnya bisa mengajak anak tidur siang dikamar barunya, atau bermain dikamar barunya. Dengan demikian, anak akan merasa tidak asing dengan kamarnya dan bisa tidur dengan nyaman dikamarnya.

  2. Tidak Menyediakan Perlindungan

    Saat si Kecil sudah mulai terbiasa tidur sendiri, sebaiknya sediakan bantal dan guling yang nyaman untuknya. Jangan lupa untuk menyiapkan selimut didekat anak, jauhkan barang-barang yang tidak penting di tempat tidur anak.

  3. Pindah Ke Kamar Baru Terlalu Cepat

    Sebelum membiarkan si Kecil tidur sendiri, sebaiknya dilakukan persiapan terlebih dahulu. Sampai anak benar-benar bisa tidur dengan nyaman dan tenang dikamar barunya, sebentar atau lamanya persiapan anak itu tergantung kondisi anak masing-masing. Dan jangan terlalu buru-buru, karena justru akan menimbulkan ketakutan yang berlebih pada anak.

  4. Tidak Konsisten

    Saat si Kecil sudah benar-benar berani tidur sendiri, maka orangtua juga harus menerapkan perilaku yang konsisten. Apabila suatu hari anak minta untuk tidur bersama dengan Ayah&Ibu, sebaiknya hal itu dilarang. Bunda bisa memberikan penjelasan kepada anak, dan temani anak selama beberapa waktu dikamarnya sampai ia merasa tenang.

  5. Tidak Membuat Jadwal Tidur

    Kesalahan ketika melatih anak tidur sendiri yang terakhir, yaitu tidak membuat jadwal tidur yang rutin. Karena waktu tidur yang tidak disiplin akan membuat ia sulit tidur, jika sulit tidur akan mengalami rasa yang tidak tenang ketika berada dikamarnya sendiri. Untuk itu buatlah jadwal tidur, agar ia juga belajar mengatur waktu dan disiplin.

Baca juga : Tips Mendidik Agar Anak Disiplin

Baca selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close