Dunia Anak

Inilah Manfaat Beras Merah Cocok Dijadikan MPASI

Beras merupakan makanan pokok khas maskyarakat Indonesia, jenis beras yang kebanyakan dikonsumsi masyarakat adalah beras putih. Karena beras putih cenderung memiliki harga yang relatif lebih murah ketimbang beras merah. Tapi akhir-akhir ini beras merah juga banyak dikonsumsi, sebagai makanan pengganti beras putih. Karena beras merah dikenal lebih banyak mengandung nutrisi, lalu apa saja manfaat beras merah?

Manfaat Beras Merah

Beras merah merupakan bulir beras yang mengalami pengelupasan lapisan kulit paling luar, dan tidak melalui proses penggilingan penuh seperti beras putih.

Hal itulah yang menyebabkan beras merah memiliki nutrisi lebih banyakk dibandingkan beras putih, karena nutrisinya yang banyak membuat beras merah sangat cocok dijadikan MPASI untuk bayi.

  1. Pembentukan Energi

    Mengandung vitamin B1 yang berguna untuk mencegah penyakit beri-beri yang dapat terjadi pada bayi dan anak, tak hanya itu vitamin B dan mangan yang terkandung dalam beras merah juga dapat membantu pembentukan energi dari protein dan karbohidrat pada tubuh bayi.

  2. Menunjang Perkembangan Otak dan Organ Tubuh

    Vitamin B kompleks yang terkandung pada beras merah dapat membantu perkembangan otak bayi, beras merah juga memiliki asam lemak alfa linolenat yang dapat membentuk asam lemak rantai panjang dapat digunakan tubuh untuk berbagai macam fungsi.
    Contohnya DHA, DHA bermanfaat untuk menunjang perkembangan otak serta mata bayi.

  3. Memelihara Rambut dan Tulang

    Pada kulit ari beras merah banyak mengandung mineral yang dapat memenuhi kebutuhan untuk pertumbuhan rambut, gigi, tulang dan otot bayi, dan juga magnesium yang baik untuk pertumbuhan tulang.
    Selain itu vitamin B mampu meningkatkan produksi keratin pada rambut, yang berfungsi menguatkan folikel rambut serta mempercepat pertumbuhan rambut pada bayi.

  4. Baik Untuk Pencernaan Bayi

    Sistem pencernaan bayi masih sangat rentan, apabila ia terlalu banyak minum susu dan kurang serat bisa sangat mudah terkena sembelit. Untuk itu perlu asupan serat yang cukup agar sistem pencernaannya selalu sehat. Dengan konsumsi beras merah, bayi Anda akan tercukupi kebutuhan seratnya. ( Baca : Buah Yang Baik Untuk Pencernaan Anak )

  5. Baik Untuk Jaringan Syaraf dan Jantung

    Beras merah memiliki kandungan tamin yang baik untuk jaringann syaraf dan jantung bayi yang sedang berkembang, tamin dan fosfor dapat membantu pembentukan serta pertumbuhan sistem rangka bayi.

  6. Dapat Memperbaiki Pola Tidur Bayi

    Mengandung zat tepung yang dapat meningkatkan serotonin dalam jaringan otak bayi. Serotonin bertugas mengatur rasa kantuk bayi, hasilnya bayi akan memiliki pola tidur yang baik sehingga lebih tidur dapat lebih nyenyak.

  7. Antioksidan dan Antikanker

    Kulit ari yang terdapat pada beras merah memiliki zat warna alami antosianin, bermanfaat sebagai antioksidan, antikanker, antihipertensi, dan antihiperglikemik. Tak hanya itu, selenium yang terkandung pada beras merah untuk menjaga serta memelihara sel-sel tubuhnya dari kerusakan. Sehingga dapat mempercepat kesembuhan anak yang sedang terserang penyakit.

Baca selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Close