Lifestyle

Inilah Penyebab Munculnya Flek Hitam Pada Wajah

Semua wanita pasti ingin memiliki wajah yang cerah, sehat dan glowing. Tapi aktivitas sehari-hari dapat menimbulkan beberapa masalah kulit, contohnya saja flek hitam. Flek hitam yang muncul pada kulit wajah tentunya membuat tidak nyaman, serta menurunkan rasa percaya diri. Untuk itu wajib mengetahui penyebab munculnya flek hitam pada wajah, agar wajah tetap sehat dan bebas dari berbagai masalah kulit.

Hal Yang Menyebabkan Munculnya Flek Hitam

Flek hitam atau noda hitam pada kulit wajah, seringkali menjadi momok untuk para kaum wanita. Ada baiknya jika kamu mengetahui apa saja yang dapat menyebabkan munculnya noda hitam pada wajah.

  1. Polusi Udara

    Ini adalah penyebab utama flek hitam pada wajah, yaitu dikarenakan oleh polusi udara. Polusi udara yang mengandung radikal bebas, dan kuman bakteri. Yang dapat membuat iritasi pada kulit wajah, menimbulkan inflamasi, dan merusak lapisan kulit wajah. Sehingga memicu produksi melanin, dan menyebabkan munculnya flek hitam pada kulit wajah.

  2. Terkena Paparan Sinar Matahari

    Terkena Paparan Sinar Matahari
    Terkena Paparan Sinar Matahari Dapat Menyebabkan Flek Hitam

    Tak hanya polusi udara, tapi terlalu sering terpapar sinar matahari secara langsung juga dapat memicu timbulnya flek hitam pada wajah. Tak hanya dapat menimbulkan flek hitam, tapi terpapar sinar matahari terlalu lama juga dapat menyebabkan kanker kulit. Pentingnya Menggunakan Sunblock saat ingin beraktivitas keluar rumah, agar kulitmu selalu terlindungi dari efek buruk sinar matahari.

  3. Faktor Keturunan

    Ada juga yang disebabkan oleh faktor keturunan, cenderung lebih rentang terhadap penyakit melasma yang disebabkan paparan sinar matahari, dan perubahan hormon.

  4. Kurangnya Nutrisi

    Kurangnya Nutrisi
    Kurangnya Nutrisi Dapat Menyebabkan Flek Hitam

    Tak hanya tubuh tapi kulit juga memerlukan nutrisi, agar dapat menunjang kesehatan kulit. Jika kamu kekurangan nutrisi, maka jangan heran jika kulitmu juga tidak sehat. Maka penuhi asupan vitamin B13, vitamin K, dan vitamin E. Dan juga seimbangi dengan minum air putih yang cukup, agar kelembapann kulit tetap terjaga.

  5. Skincare atau Kosmetik yang Tidak Cocok

    Pada skincare atau kosmetik tertentu terdapat kandungan bahan kimia, yang dapat memicu melanocyte yang dapat memproduksi melanin. Tak hanya itu, penggunaan skincare atau kosmetik dapat membuat kulit wajah sensitif terhadap sinar matahari.

  6. Faktor Hormon Saat Hamil

    Faktor Hormon Saat Hamil
    Faktor Hormon Saat Hamil Dapat Menyebabkan Flek Hitam

    Ada beberapa hormon yang dapat memicu noda hitam pada wajah, yaitu hormon estrogen, progesteron, dan MSH atau melanin stimulating hormon. Kondisi seperti ini biasanya dialami oleh wanita yang sedang hamil, dan menyebabkan noda hitam muncul pada wajah.


Loading...
Baca selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close