Dunia Anak

Inilah Permainan Yang Bagus Untuk Perkembangan Anak

Anak-anak sangat suka bermain, ia cenderung suka mencoba hal yang baru. Tapi kebanyakan para orangtua tak menyadari adakah manfaat dari permainan anak tersebut, orangtua hanya berfikiran asalkan anak senang saja. Ada baiknya jika orangtua memahami, apa saja permainan yang bagus untuk perkembangan anak. Karena anak usia dibawah 5 tahun, merupakan masa keemasannya untuk bertumbuh kembang.

Permainan Yang Bagus Untuk Perkembangan Anak

Permainan yang bagus untuk anak adalah permainan yang dapat mengasah otak, permainan yang membuat anak menjadi pemberani, permainan yang bisa membuat anak menjadi bertanggung jawab, permainan yang dapat memicu kreativitas anak, dll. Hal itu sangat bagus untuk menunjang pertumbuhan anak, serta dapat Melatih Mental Anak agar Memiliki Kepribadian, Berani dan Percaya Diri .

  1. Bermain Ayunan

    Bermain ayunan memang sangat menyenangkan, nikmat sekali ketika tubuh berayun-ayun secara kencang ataupun lambat. Ketika anak bermain ayunan, tentu dapat melatih kemampuannya untuk dapat menyeimbangkan diri. Selain itu memperkuat kemampuannya untuk mengontrol cepat atau lambatnya berayun, dan ia juga dapat belajar mengatisipasi bahaya. Tentunya ketika anak bermain ayunan, tetap harus didampingi atau diawasi oleh orangtua.

  2. Bermain Bola ( Mandi Bola)

    Bermain Bola ( Mandi Bola)
    Bermain Bola ( Mandi Bola)

    Tidak ada anak yang menolak ketika diajak bermain mandi bola, karena permainan yang menggunakan banyak bola kecil-kecil ini memang sangat menyenangkan. Dengan permainan ini, anak akan merasakan beragam sensasi. Mereka dapat merasakan berenang diantara bola-bola, permainan ini juga bisa mengenalkan anak kepada berbagai macam warna.

  3. Bermain Air

    Kebanyakan balita takut berenang dikolam renang yang besar, dengan bermain air dapat melatih anak untuk tidak takut berenang. Anak-anak pasti sangat suka bermain air, tapi kebanyakan para orangtua melarang anaknya untuk bermain air. Padahal bermain air dapat memberi manfaat tersendiri untuk anak, dengan bermain air anak dapat mengembangkan imaginasinya.

  4. Papan Luncur ( Perosotan )

    Meluncur dari ketinggian tentu sangat menyenangkan, hal ini dapat melatih keberanian anak. Sebelum mencapai diketinggian, anak harus melalui beberapa anak tangga terlebih dahulu. Hal ini sangat melatih motorik kasarnya, karena anak harus dapat menyeimbangkan tubuhnya untuk menaiki anak tangga tersebut.

  5. Bermain Pasir

    Memperkenalkan anak pada permainan pasir, anak memahami tekstur kasar pada pasir. Begitu juga tentang panas dan dinginnya pasir, juga perubahan bentuk saat pasir dicampur air. Tapi pasir juga sangat rentan terhadap kuman, sekarang ini banyak dijual pasir kinetik yang didesain khusus untuk mainan anak. Tentu sangat bagus, karena pasir kinetik juga memiliki beragam warna dan disertai juga cetakan pasir.

Baca selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close