Dunia Anak

Inilah Tanda-tanda Bayi Akan Tumbuh Gigi Pertamanya

Memiliki seorang anak sungguh sangat menggemaskan, semua tingkahnya seperti sebuah kejutan untuk para Bunda. Seperti pertama kali ia bisa ngoceh, sampai ia bisa menyebut kata “mama’ dan “papa”. Tahap demi tahap si Kecil terus bertumbuh kembang, termasuk pertama kali bayi akan tumbuh gigi pertamanya. Bunda harus memahami tanda-tandanya, agar dapat menangani si Kecil dengan baik.

Tanda-tanda Bayi Akan Tumbuh Gigi Pertamanya

Pertumbuhan gigi pada bayi akan berlangsung secara bertahap, gigi pertamanya akan mulai muncul sejak usia 4 bulan. Biasanya gigi bayi akan tumbuh berpasang-pasangan, misalnya 2 atas atau 2 bawah. Tapi kondisi setiap bayi pasti berbeda-beda, jika pada usia 4 bulan giginya belum tumbuh tak perlu cemas. Karena gigi pertama yang tumbuh pada usia dibawah 12 bulan itu hal yang wajar.

  1. Bayi Suka Menggigit

    Bayi Suka Menggigit
    Bayi Suka Menggigit

    Tanda yang paling umum pada awal gigi bayi akan tumbuh, hal itu disebabkan tekanan dari gusi ketika giginya akan tumbuh membuat bayi merasa tidak nyaman. Sehingga membuat bayi suka menggigit benda-benda disekitarnya, jadi ketika Bunda menyusui hendaknya lebih berhati-hati.

    Cara mengatisipasi hal ini adalah dengan memberinya mainan gigit-gigitan ( teether ), fungsinya untuk meredakan rasa gatal pada gusi bayi yang akan tumbuh giginya. Dan agar bayi tidak menggigit-gigit benda sembarangan, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan teether bayi.
    Bisa juga dengan memberikan bayi camilan sehat, seperti buah segar. Berikan buah yang sudah dipotong agar bayi mudah memegangnya. Tapi hindari pemberian makanan yang mengandung gula seperti permen, cokelat. Karena makanan tersebut dapat merusak gigi bayi. ( Baca : Hal yang Menyebabkan Kerusakan Gigi Pada Anak )

  2. Mengeces ( Ngiler )

    Bayi yang akan tumbuh gigi pertamanya pasti cenderung sering ngeces, hal itu karena produksi air liur lebih banyak dari biasanya. Tak perlu khawatir atau cemas, karena hal ini sangat umum dialami bayi ketika akan tumbuh giginya. Bunda cukup mengelapnya dengan kain lembut, agar air liur tidak membasahi bajunya.

  3. Gusi Bengkak

    Ketika giginya akan tumbuh, otomatis gusinya akan memerah dan bengkak. Hal ini akan menyebabkan bayi menjadi rewel dan susah tidur, karena gusinya sangat tidak nyaman. Yang harus Bunda lakukan adalah memberikan pijatan yang lembut pada gusinya, gunakan kain yang lembut dan basahi dengan sedikit air dingin.

  4. Menarik-narik Telinga dan Menggaruk Pipi

    Ketika giginya akan tumbuh, pasti gusinya tidak nyaman dan gatal. Sehingga membuat anak ingin menggaruknya, tapi tanganya tidak mampu menjangkau ke gusi. Jadi anak akan menarik-narik telinganya atau menggaruk pipinya, sebaiknya alihkan perhatiannya dengan memberinya mainan teether.

  5. Demam

    Gigi yang akan tumbu pasti akan merobek gusi bayi, hal ini yang menyebabkan demam. Tapi Bunda tak perlu khawatir, karena demam ketika bayi akan tumbuh gigi biasanya tidak terlalu tinggi.

Baca : Tips Cerdas Cara Merawat Gigi Balita


Loading...
Baca selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close