Jadwal Imunisasi Bayi dan Anak di Indonesia Lengkap

Para orang tua wajib tau jadwal imunisasi bayi dan anak secara lengkap. Imunisasi merupakan tindakan untuk memberi kekebalan dan perlindungan di dalam tubuh bayi dan Anak.

Tujuan Imunisasi ini adalah untuk mencegah berbagai penyakit menular yang berbahaya bagi bayi dan anak.

Beberapa penyakit yang dapat dicegah dengan cara Imunisasi adalah Penyakit TBC (Tuberkulosis), Difteri, Pertusis (batuk 100 hari), Tetanus, Poliomielitis, Campak, Hepatitis, Mump, Rubella, Tifus dan lainnya.

Baca juga5 Hal Wajib Untuk Menjaga Kesehatan Anak di Usia Balita

Pemberian vaksin umumnya dilakukan dengan cara disuntikkan (injeksi) dan ada vaksin yang diberikan dengan cara diteteskan melalui mulut (oral), tergantung jenis vaksin nya.

  • Bayi berumur 0 bulan untuk imunasasi dengan vaksin HB 0, BCG, Polio bisa dilakukan di rumah, di rumah sakit atau bidan.
  • Bayi berumur 2 bulan untuk imunisasi dengan vaksin DPT/HB 1, polio 2 bisa dilakukan saat posyandu atau di rumah sakit atau bidan.
  • Bayi berumur 3 bulan untuk imunisasi dengan vaksin DPT/HB 2, Polio 3 bisa dilakukan saat posyandu atau di rumah sakit atau bidan.
  • Bayi berumur 4 bulan untuk imunisasi dengan vaksin DPT/HB 3, Polio 4 bisa dilakukan saat posyandu atau di rumah sakit atau bidan.
  • Bayi berumur 9 bulan untuk imunisasi dengan vaksin campak bisa dilakukan saat posyandu atau di rumah sakit atau bidan.

Jadwal Imunisasi Bayi dan Anak lengkap

Untuk mengetahui jadwal imunisasi bayi dan anak lengkap dari bayi lahir sampai usia 18 tahun, Anda bisa lihat pada daftar imunisasi yang di rekomendasikan dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Tahun 2011.

UsiaJenisVaksinMencegah Penyakit
Bayi lahirHepatitis B1 dan Polio 0Hepatitis B dan Polio
1 Bulan Hepatitis B2 Hepatitis B
2 BulanPolio 1, BCG, DTP 1, Hib 1, PCV 1, Rotavirus 1Polio, Tuberklosis (TBC), Difteri, Tetanus, Pertusis, Hib, Meningitis, Rotavirus
4  BulanPolio 2, DTP 2, Hib 2, PCV 2, Rotavirus 2Polio, Difteri, Tetanus, Pertusis, Hib, Meningitis, Rotavirus
6 BulanHepatitis B3, Polio 3, DTP 3, Hib 3, PCV 3, Rotavirus 3, InfluenzaHepatitis B, Polio, Difteri, Tetanus, Pertusis, Hib, Meningitis, Rotavirus, Influenza
9 BulanCampak 1Campak
12 BulanPCV 4 dan VariselaMeningitis, Varisela/Cacar Air
15 BulanHib 4 dan MMR 1Hib, Mumps/Gondong, Rubella
18 BulanPolio 4 dan DTP 4Polio, Difteri, Tetanus, Pertusis
24 BulanTifoid dan Hepatitis ATifoid, Hepatitis A
5 TahunPolio 5, DTP 5, MMR 2Polio, Difteri, Tetanus, Pertusis, Mumps/Gondong, Rubella
6 TahunCampak 2Campak
10 TahunTD 6 (Tetanus dan Difteri)Tetanus dan Difteri
18 TahunTD 7 (Tetanus dan Difteri)Tetanus dan Difteri

Dengan mengetahui jadwal imunisasi bayi dan anak lengkap, diharapkan dapat mencegah beberapa penyakit yang telah tertulis dalam daftar diatas.

Bagikan

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *