Dunia Anak

Jauhkan Anak Dari Bahaya Menonton TV Terlalu Lama

Menonton TV adalah cara yang paling ampuh untuk membuat anak agar tidak rewel, mungkin dengan membiarkan anak menonton TV lebih membuat para Ibu dapat melakukan pekerjaan rumah dengan tenang. Tapi taukah Ibu bahwa menonton TV terlalu lama dapat menurunkan kecerdasan anak? Berikut adalah bahaya menonton TV terlalu lama.

  1. Mengurangi Interaksi Antara Anak dan Orangtua

    Mengurangi Interaksi Antara Anak dan Orangtua
    Mengurangi Interaksi Antara Anak dan Orangtua

    Jika anak sudah terbiasa terlalu sering menonton TV, otomatis anak akan lebih jarang berinteraksi dengan anggota keluarga yang lain. Anak hanya akan fokus dengan layar televisi, dan mengabaikan keberadaan anggota keluarga yang lain.

  2. Menurunkan Konsentrasi Saat Sekolah

    Karena anak terlalu lama melihat layar televisi dapat menurunkan konsentrasi anak ketika menuntut ilmu disekolah, pikiran anak hanya tertuju pada tayangan televisi tersebut. Sehingga anak sulit berkonsentrasi pada pelajaran disekolah, dan menyebabkan nilai prestasi anak menurun.

  3. Memicu Tindakan Yang Tidak Baik

    Beragam adegan di televisi yang tidak baik dicontoh anak misalnya adegan kasar saat berkelahi, jika anak melihat adegan tersebut maka suatu saat ia akan mencontoh tindakan yang tidak baik itu.

  4. Menyebabkan Penyakit Jantung

    Karena saat menonton layar televisi otomatis tubuh akan sedikit bergerak, hal itu dapat memicu penyakit jantung. Apalagi jika menonton TV lebih dari 2 jam sangat tidak baik untuk kesehatan.

  5. Menurunkan Kesehatan Mata

    Pada saat melihat layar televisi, mata akan fokus pada layar sehingga mata lebih jarang berkedip. Hal itu dapat menyebabkan penyakit mata seperti rabun jauh.

  6. Dapat Memperbesar Resiko Obesitas

    Terlalu asyik menonton TV dapat membuat tubuh malas untuk berolahraga, tubuh hanya diam dalam waktu yang lama. Hal itu dapat menyebabkan tubuh mengalami obesitas, dan tubuh yang gemuk dan jarang berolahraga dapat memicu penyakit-penyakit lainnya. ( Inilah Manfaat Olahraga Untuk Anak )

  7. Merusak Jadwal Tidur Anak

    Tubuh membutuhkan waktu untuk beristirahat agar tetap sehat dan memiliki daya tahan tubuh yang kuat, jika anak sudah kecanduan menonton TV maka ia akan lupa waktu tidur siangnya. Begitu juga waktu malam, jika anak terus menonton layar televisi terlalu lama. Maka waktu tidur anak akan berkurang, dan dapat menurunkan kualitas tidur anak sehingga daya tahan tubuh anak menjadi lemah.

Betapa banyak dampak buruk jika anak menonton TV terlalu lama, memang tidak ada salahnya jika anak menonton TV. Tapi ada baiknya jika dibatasi waktunya, dan juga saat anak menonton TV hendaknya sambil diawasi dan didampingi oleh orangtua atau anggota keluarga yang lain.


Loading...
Baca selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close