Inspirasi

Keajaiban Minum Segelas Susu Sebelum Tidur

Susu menyimpan banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, termasuk protein, kalsium, kalium, fosfor dan yodium, serta vitamin B2 dan B12. Minum segelas susu sudah menjadi kebiasaan orang sejak zaman dulu.

Biasanya susu diminum saat pagi hari karena kandungan nutrisinya dapat memenuhi kebutuhan selama beraktivitas. Tapi minum segelas susu sebelum tidur juga baik untuk tubuh, ini dia beberapa manfaatnya :

Menenangkan Fikiran

Seharian beraktivitas pasti tubuh akan terasa lelah serta menguras pikiran, rilekskan otot dan sistem sarafmu dengan minum susu sebelum tidur. Tidak hanya saja tubuh menjadi lebih sehat, tapi kamu akan kembali bersemangat untuk menjalani aktivitas di hari esok.

Tidur Lebih Nyenyak

Kandungan asam amino dari susu, yaitu triptofan, dapat menenangkan sel saraf dapat membantu relaksasi tubuh dan otak sehingga bisa membantu lebih gampang tertidur. Triptofan juga dapat membantu meringankan gejala insomnia, walaupun dalam jumlah yang sedikit.

Namun jangan konsumsi susu coklat di malam hari karena susu coklat memiliki kandungan kafein, teobromin, dan xanthinenya yang akan membuat kamu sulit untuk tertidur.

baca juga : Tips Menciptakan Tidur yang Berkualitas

Melancarkan Pencernaan

Dengan segelas susu sebelum tidur dapat membantu usus lebih aktif di malam hari sehingga baik dalam memperbaiki saluran cerna. Minum susu juga dapat mecegah sembelit dan masalah saluran pencernaan lainnya.

Memberikan Rasa Kenyang

Rasa lapar dimalam hari akan menyebabkan tidur menjadi tidak nyenyak, pasti kamu akan terbangun jika kamu merasa lapar. Dengan minum susu akan memberikan rasa kenyang selama kamu tidur, dan dapat mengurangi kebiasaan makan tengah malam.

Tubuh akan terasa segar saat bangun karena tidur lebih nyenyak dan tidak terganggu oleh rasa lapar. Karena kebiasaan makan tangah malam juga sangat tidak baik bagi kesehatan.

Penyerapan Kalsium Menjadi Optimal

Minum susu sebelum tidur juga sangat bagus untuk pertumbuhan, karena saat malam hari adalah waktu yang paling optimal untuk tulang menyerap kalsium yang ada didalam tubuh jadi tumbuh kembang tulang akan semakin baik.

Susu kaya akan protein, vitamin D, dan kalsium sangat dibutuhkan untuk regenerasi jaringan tulang dan otot yang tengah mengalami kerusakan setelah beraktivitas seharian.

Dapat Menaikkan Berat Badan

Jika kamu ingin menambah berat badan, daripada mengkonsumsi suplemen penambah berat badan yang banyak beredar. Lebih baik kamu cukup minum segelas susu sebelum tidur bisa menjadi cara yang sehat untuk menaikkan berat badan.

Baca selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Close