Dunia Anak

Kelebihan dan Kekurangan Buah Nangka Untuk Balita

Buah nangka merupakan buah dengan daging serat, dan memiliki rasa dan bau yang khas. Buah nangka terkenal memiliki banyak manfaat untuk tubuh, kaya akan vitamin A, C, thiamin, kalium, kalsium, riboflavin, zat besi, niasin, dan seng. Mempuyai rasa yang manis dan lezat membuat banyak orang menyukai buah ini, tapi apakah juga boleh dikonsumsi oleh balita ? Apa saja Kelebihan dan Kekurangan Buah Nangka Untuk Balita ?

Usia Yang Tepat Untuk Mengenalkan Nangka Untuk Balita

Buah nangka terkenal banyak mengandung gas, dan sistem pencernaan balita belum bisa mencerna secara baik buah nangka, karena gas yang ditimbulkan buah itu ketika di dalam perut. Maka jika Bunda ingin mengenalkan buah ini kepada balita, pastikan balita sudah berusia 5 tahun. Karena jika masih berusia dibawah 5 tahun, dikhawatirkan sistem penceraan anak tidak kuat dan dapat menyebabkan anak muntah dan diare.

Kelebihan Buah Nangka Untuk Balita

Buah ini memiliki sejumlah vitamin dan mineral yang dapat menunjang pertumbuhan balita, diantaranya :

  1. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
    Memiliki vitamin C yang sangat tinggi, Manfaat Vitamin C Untuk Pertumbuhan Anak sangat bagus. Disini buah nangka bertugas sebagai antioksidan alami yang dapat membantu melawan radikal bebas yang ada ditubuh balita. Sehingga membuat anak terlindungi dari berbagai penyakit seperti batuk, pilek, flu.
  2. Meningkatkan Energi Pada Balita
    Buah nangka sangat kaya akan karbohidrat dan kalori, serta buah ini hampir tidak mengandung lemak. Didalam nangka terdapat gula alami yaitu fruktosa dan sukrosa yang bisa menjadi sumber energi, dengan begitu nangka dapat meningkatkan energi dan tidak menyebabkan kolesterol.
  3. Melindungi Sistem Pencernaan
    Sangat kaya akan kandungan seratnya, serat berfungsi untuk mencegah sembelit serta melancarkan buang air besar.
  4. Memelihara Kesehatan Mata dan Kulit
    Kandungan vitamin A yang tinggi, sehingga dapat memelihara kesehatan mata serta kelembutan kulit. Dengan konsumsi buah nangka akan mencegah gangguan mata seperti rabun senja.
  5. Memperkuat Tulang
    Karena nangka juga tinggi akan kandungan kalsium, kalsium berperan sangat penting untuk perkembangan anak. Kalsium dapat menguatkan tulang anak serta mencegah anak terkena penyakit tulang, juga mengandung potasium yang tinggi. Potasium bertugas untuk menjaga agar tubuh tidak kehilangan kalsium dari tubuh.
  6. Menghindarkan Balita Dari Anemia
    Terdapat kandungan zat besi membantu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, sehingga menghindarkan balita dari anemia.

Kekurangan Buah Nangka

Begitu banyak buah nangka untuk kesehatan, tapi buah nangka juga memiliki kekurangan. Diantaranya adalah

  1. Nangka dapat menyebabkan alergi
  2. Konsumsi nangka dalam jumlah yang wajar, karena jika terlalu banyak akan menyebabkan diare
  3. Nangka tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang terkena diabetes, penderita alergi, penderita gangguan darah, dan penderita diare. Karena dapat memperburuk kondisi tubuh.
  4. Nangka juga tidak dianjurkan dikonsumsi oleh pasangan dalam program kehamilan, karena nangka dapat menghambat gairah seksual, libido, kinerja, dan kekuatan pada laki-laki.
Baca selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Close