Dunia Anak

Lakukan Cara Ini Agar Anak Suka Makan Buah

Buah-buahan adalah makanan yang kaya akan nutrisi, vitamin, dan serat. Sangat bagus bila dikonsumsi setiap hari, selain dapat meningkatkan kekebalan tubuh buah juga bermanfaat untuk menyehatkan pencernaan kita. Tapi bagaimana jika anak tidak suka makan buah ? Lakukan cara ini agar anak suka makan buah.

Manfaat Buah-buahan

Sebelumnya Bunda harus tau pentingnya konsumsi buah setiap hari,

  1. Memenuhi kebutuhan gizi pada tubuh anak
  2. Memelihara tubuh agar tetap sehat dan bugar setiap hari
  3. Munurunkan tingkat resiko obesitas pada anak
  4. Makanan yang bergizi dapat meningkatkan prestasi anak disekolah

Tips Agar Anak Suka Makan Buah

Tips Agar Anak Suka Makan Buah
Tips Agar Anak Suka Makan Buah

Seperti yang sudah diketahui, bahwa tumbuh kembang anak sangat dipengaruhi oleh asupan gizi setiap harinya. Asupan gizi yang paling baik adalah yang berasal dari buah-buahan dan sayuran,  karena memiliki kandungan tinggi serat, berbagai vitamin, karbohidrat yanng dapat memelihara pencernaan dan juga mendukung perkembangan otak anak.

Tapi kebanyakan anak suka pilih-pilih makanan, dan sulit sekali makan jika disuguhi buah dan sayur. Hal ini membuat para orangtua kebingungan untuk mengatasinya, untuk itu harus mengetahui tips agar anak suka makan buah seperti dibawah ini.

  1. Mengenalkan Buah Sejak Dini

Anak usia 6 bulan sudah diperbolehkan makan makanan pendamping ASI ( MPASI ), disinilah Bunda harus mulai mengenalkan buah kepada anak. Mulailah dari buah bertekstur lembut seperti pisang diserut, alpukat, buah naga, pepaya, dll. Olah buah-buahan tersebut menjadi MPASI yang lezat untuk anak. Dengan begitu anak akan terbiasa makan buah hingga ia besar nanti.

  1. Berikan Buah yang Memiliki Rasa Manis

Anak tidak menyukai buah bisa jadi dikarenakan ia trauma, dikarenakan ia pernah makan buah yang memiliki rasa asam, kecut, dan pahit. Maka dari itu sebaiknya hindari memberi buah yang memiliki rasa yang kurang enak kepada anak, sebaiknya pilih buah yang sudah matang dan memiliki rasa manis. Dengan begitu tanpa orangtua paksa pun, anak akan menyukai buah dengan sendirinya. ( Baca : Manfaat Buah Naga Untuk Pertumbuhan Bayi )

  1. Siapkan Berbagai Jenis Buah

Siapkan beberapa jenis buah yang sudah dikupas dan dipotong-potong, dan disajikan ke dalam satu piring. Suguhkan kepada anak, dengan begitu ia akan bereksplorasi tentang berbagai macam rasa buah. Dengan begitu, nantinya ia akan memilih buah yang cocok untuk seleranya.

  1. Mengolah Buah Menjadi Jus, Es Krim, Puding

    Mengolah Buah Menjadi Jus, Es Krim, Puding
    Mengolah Buah Menjadi Jus, Es Krim, Puding

Mengkreasikan buah menjadi bentuk lain, tentu akan membuat anak menyukainya. Misalnya dijadikan jus buah, es krim, atau puding.

  1. Jangan Paksa Anak

Jika anak tidak mau makan buah, jangan sesekali Bunda memaksanya. Karena hal itu justru akan membuat anak semakin membenci buah, sebaiknya Bunda memberikan penjelasan kepada anak. Tentang apa saja manfaat buah, dan tanyakan kepada anak buah apa yang ia sukai. Ajaklah anak berbelanja buah, biarkan dia memilih buah yang ia sukai.

  1. Orangtua Wajib Menjadi Contoh

Anak-anak suka menirukan orang yang lebih dewasa, dan anak memiliki rasa penasaran yang tinggi. Makan buah didepan anak akan membuat anak penarasan akan hal tersebut, hal itulah yang mendorong anak ingin makan buah. Jika kamu ingin anak suka makan buah, maka Bunda juga harus sering makan buah.

Baca selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close