Dunia AnakInspirasi

Makanan Bergizi Untuk Kecerdasan Anak

Setiap orangtua yang memiliki anak, pasti mereka menginginkan anaknya tumbuh sehat dan cerdas. Sangatlah penting untuk para orangtua agar dapat memelihara dan membantu meningkatkan kecerdasan anak.

Dokter dan para ahli gizi, selalu menyarankan kepada semua orangtua agar memilih makanan untuk anak yang mengandung gizi baik untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Disaat anak mulai diberikan MPASI, merupakan waktu yang sangat bagus untuk memberinya makanan bergizi.

Baca juga : Begini Cara Agar Anak Mau Makan Sayur dan Buah-buahan

Makanan Bergizi Untuk Kecerdasan Anak

Dibawah ini merupakan contoh makanan bergizi yang sangat mudah ditemukan di pasar atau supermarket terdekat.

  • Sayuran Bayam

Makanan Bergizi Untuk Kecerdasan Anak
Makanan Bergizi Untuk Kecerdasan Anak

Sayuran bayam, sayur ini sangat mudah dijumpai dan harganya juga sangat terjangkau. Tapi, sayuran ini memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk perkembangan serta pertumbuhan otak anak. Bayam sangat kaya asam folat dan vitamin E, vitamin K.

  • Ikan

Makanan Bergizi Untuk Kecerdasan Anak
Makanan Bergizi Untuk Kecerdasan Anak
  1. Ikan Cakalang : 100 gram ikan cakalang terdapat 107 kalori, 19,6 gram protein, 0,7 gram lemak, dan 5,5 gram karbohidrat. Kebanyakan diolah menjadi ikan asap dan juga abon. Bunda dapat memberikan ikan ini dalam bentuk abon karena biasanya lebih disukai anak.
  2. Salmon : Ikan ini sangat terkenal akan kandungan asam lemak Omega 3 yang dapat meningkatkan kecerdasan anak. Salmon adalah ikan yang paling bergizi, dengan kandungan zinc, zat besi, niasin, vitamin B12, vitamin B6, dan berbagai nutrisi lain yang diperlukan untuk pertumbuhan otak.
  3. Tuna : kaya akan kandungan protein, lemak baik, omega 3, ikan tuna juga kaya nutrisi seperti fosfor, kalium, magnesium, tiamin, dan vitamin B6.
  4. Patin :  memiliki kandungan 2 jenis asam lemak Omega-3, yaitu EPA dan DHA, sama dengan kandungan yang dimiliki salmon dan tuna. Kedua jenis asam lemak esensial ini sangat baik untuk perkembangan kecerdasan otak anak.
  • Telur

Telur memiliki kandungan protein dan kolin yang tinggi, sangat baik untuk perkembangan otak. Telur juga memiliki kelebihan, yaitu sangat mudah diolah menjadi berbagai makanan yang dapat menarik perhatian anak.

  • Apel

Buah apel terkenal dengan kandungan antioksidannya, buah apel juga mengandung zat quercetin sangat baik untuk perkembangan otak anak. Zat quercetin dapat melindungi otak dari efek radikal bebas. Pilihlah apel merah, dikarenakan memiliki kandungan antioksidan yang paling tinggi daripada apel hijau.

  • Alpukat

Makanan Bergizi Untuk Kecerdasan Anak
Makanan Bergizi Untuk Kecerdasan Anak

Alpukat merupakan sumber vitamin C dan K yang baik serta dibutuhkan untuk pertumbuhan, serta perbaikan jaringan tubuh. Selain itu juga memiliki kandungan folat, kalium, dan mangan yang terlibat dalam fungsi otak dan saraf. Juga mengandung serat yang sangat baik untuk pencernaan.

  • Keju

Makanan Bergizi Untuk Kecerdasan Anak
Makanan Bergizi Untuk Kecerdasan Anak

Dengan kandungan asam lemak linoleat dan linolenat yang terdapat dalam keju dapat membantu perkembangan serabut-serabut sel saraf dan otak. Tapi keju jarang disukai oleh anak, jadi Bunda bisa mencampurkan keju pada makanan anak, atau meletakan keju diatas roti. Buatlah menjadi bentuk yang menarik agar anak tidak menolaknya.

  • Yogurt

Yogurt memiliki kandungan gizi yaitu kalsium, protein, dan lemak sehat. Tak hanya itu, yogurt juga mengandung prebiotik yang dapat membantu membangun microbiome yang kuat.

Baca selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Close