Dunia Anak

Makanan Untuk Anak yang Sering Muntah

Sedih rasanya, apabila anak terus-menerus rewel, susah makan, dan anak yang sering muntah-muntah. Bila dibiarkan saja, semakin lama anak akan kekurangan nutrisi dan energi didalam tubuhnya yang sangat mempengaruhi pertumbuhannya. Saat anak muntah, pasti selera makannya juga menurun. Lalu, kita sebagai orangtua harus pandai membujuknya agar dia tetap mau makan.

Berikut merupakan makanan untuk anak yang sering mengalami muntah :

AIR PUTIH

Air putih merupakan makanan untuk anak yang sering mengalami muntah yang paling utama, karena ketika anak muntah, dia pasti mengeluarkan banyak cairan. Agar anak tidak kekurangan cairan dan dehidrasi, maka kita harus memberinya air putih.

Jika anak mengalami dehidrasi bisa menyebabkan anak menjadi tidak berenergi atau lemas. Berikan air putih sedikit-sedikit secara terus menerus agar cairan dalam tubuh anak tetap seimbang dengan baik

MAKANAN BERTEKSTUR LUNAK

Sesudah muntah, anak boleh diberi makanan agar tubuhnya kembali berenergi. Berikan makanan bertekstur lunak agar mudah dimakan oleh anak, jangan lupa pilih makanan yang banyak mengandung karbohidrat agar dapat dengan cepat mengisi energi di tubuhnya. Contoh makanan bertekstur lunak adalah :

  • BUBUR NASI

Bubur nasi adalah makanan untuk anak yang sering muntah paling sering dijumpai dan yang paling tepat. Jangan berikan makanan tambahan lainnya yang bisa menyebabkan rasa mual. Berikan dia bubur nasi hangat untuk melegakan perutnya.

  • ROTI

Selanjutnya yaitu roti makanan untuk anak yang sering muntah yang baik. Pilihlah roti yang rendah gula supaya tidak membuat rasa eneg pada mulut yang dapat membuat rasa mual dan muntah lagi.

  • PISANG

Apabila si anak tidak mau makan bubur nasi ataupun roti, pilihan menu lainnya adalah pisang. Buah yang mengandung kalium sangat baik untuk mengganti nutrisi yang hilang sehabis muntah. Pisang pun memiliki rasa manis yang alami untuk menawar rasa pahit di mulut yang sering dialami sehabis muntah.

  • OATMEAL

Oatmeal juga merupakan makanan untuk anak yang sering muntah yang baik. Karena makanan ini kaya serat larut dan protein, dan juga dapat langsung menggantikan nutrisi yang hilang sehabis muntah-muntah.

ORALIT

Apabila muntah terus menerus hingga parah pasti akan mengalami dehidrasi, oralit dapat diminum oleh anak hingga orang dewasa supaya mengembalikan cairan dan juga menyeimbangkan elektrolit seperti natrium, kalium, dan bikarbonat yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Setelah anak muntah, tunggu selama 10 menit; lalu beri larutan oralit lebih lambat (misalnya 1 sendok setiap 2 – 3 menit)

baca juga : Begini Cara Agar Anak Mau Makan Sayur dan Buah-buahan

Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Oleh Anak Yang Sering Muntah

Agar muntah tidak bertambah parah, sebaiknya jangan konsumsi makanan dibawah ini :

  1. Alkohol
  2. Susu atau produk yang mengandung susu
  3. Minuman bersoda
  4. Makanan yang berlemak
  5. Gorengan
  6. Jus buah murni
  7. Makanan tinggi serat
  8. Makanan berbumbu rempah

Kita sebagai orangtua harus sabar dan telaten, apabila anak masih sering muntah maka berikan dia makanan sedikit demi sedikit. Jika dalam beberapa hari kondisi anak tak kunjung membaik, maka diharuskan untuk dibawa ke Bidan atau Dokter agar mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Baca selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Close