Dunia Anak

Makanan yang Cocok untuk Bayi Usia 1 Tahun

Perlu Bunda ketahui beberapa hal terkait makanan yang cocok untuk bayi usia 1 tahun, tentunya harus makanan yang mengandung berbagai macam nutrisi untuk menunjang tumbuh kembangnya.

Tapi Bunda juga harus selalu memperhatikan setiap kali memberikan makanan baru kepada bayi. Pastikan dengan teliti tanda alergi atau reaksi dikarenakan makanan itu, karena ini adalah momen yang tepat untuk mengetahuinya.

Menu Makanan yang Cocok untuk Bayi Usia 1 Tahun

Bunda boleh memberikan apa saja kepada bayi, mulai dari pure sayuran, sereal beras, buah-buahan hingga ayam yang dihaluskan.

  • Ikan Salmon

Salmon sangat terkenal dengan segala kandungan nutrisi dan gizi penting untuk pertumbuhan bayi. Tak heran Bunda selalu menganjurkan untuk dijadikan MPASI. Salmon mengandung protein, lemak, vitamin, serta omega 3 sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan pada otak anak. Soo jangan pernah melewatkan MPASI salmon saat anak masih bayi.

  • Sayuran

Penting untuk mengenalkan sayuran pada bayi, karena sayuran mengandung banyak nutrisi juga untuk mengenalkan rasa baru pada bayi. Dengan memberinya sayuran sebagai MPASI, agar nantinya akan membantu menghindarkannya dari pilah-pilih makanan.

  • Telur

Telur juga memiliki sejumlah nutrisi penting yang untuk pertumbuhannya, jadi sangat dianjurkan untuk mengenalkan telur sebagai makanan pendamping bayi.

Telur mengandung berbagai vitamin dan mineral yaitu vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata, tulang dan gigi, vitamin D yang berperan dalam kesehatan tulang dan gigi, vitamin B4 untuk fungsi otak dan kesehatan jantung dan selenium juga penting untuk fungsi tiroid.

  • Kacang Hijau

Kacang hijau mengandung segudang vitamin dan mineral. Diantaranya protein, karbohidrat, zat besi, fosfor, sodium, vitamin C, riboflavin, vitamin B6, vitamin A dan vitamin K.

Hal itu yang membuat kacang hijau jadi pilihan MPASI baik untuk bayi. Karena vitamin dan mineral ini memiliki peran sangat penting untuk menunjang perkembangan fisik maupun mental bayi.

  • Daging Sapi

Terbukti apabila daging sapi memiliki banyak kandungan protein. Selain protein daging sapi juga mengandung vitamin B, D, dan zat besi sangat baik untuk tubuh. Daging sapi sangat cocok dijadikan MPASI untuk bayi. Bunda bisa mengolahnya dengan digiling terlebih dahulu.

  • Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu makanan yang baik untuk bayi. Setiap butir gandumnya kaya akan nutrisi penting untuk pertumbuhan bayi, seperti serat, protein, dan vitamin.

Baca juga : 5 Resep Makanan Untuk Balita yang Tidak Membosankan

Itulah beberapa makanan yang bernutrisi sangat cocok untuk bayi usia 1 tahun, jangan sampai melewatkannya yan Bun..

Baca selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close