Lifestyle

Manfaat Cuka Apel Untuk Kecantikan Wajah dan Rambut

Apa yang dimaksud cuka apel ? Cuka apel merupakan jenis minuman dari proses fermentasi jus buah apel, pada proses ini kandungan gula pada apel diproses menjadi asam asetat. Asam asetat adalah bahan aktif yang menjadikan banyak manfaat cuka apel untuk kecantikan wajah dan rambut, cuka apel juga memiliki kandungan vitamin (A, B1, B2, B6, C, dan E), potasium, kalsium, dan magnesium.

Manfaat Cuka Apel Untuk Kecantikan

Sudah banyak orang menggunakan cuka apel ini untuk perawatan kulit sehari-hari, dibawah ini adalah beberapa manfaatnya :

  1. Menyembuhkan Jerawat
    Cuka apel mengandung zat anti bakteri dan antiseptik, yang berfungsi untuk menyembuhkan jerawat serta mencegah jerawat datang lagi. Juga dapat menjaga pori-pori kulit agar terbebas dari bakteri penyebab jerawat yang dibawa oleh debu, serta polusi.
  2. Menghilangkan Flek Hitam
    Didalam cuka apel terdapat kandungan Alpha Hydroxy Acid atau AHA, yang berfungsi untuk mempercepat regenerasi kulit. Sehingga cuka apel dapat membantu memudarkan flek hitam pada wajah.
  3. Menjaga keseimbangan pH Pada Kulit Wajah
    Jika pH pada kulit wajah tidak seimbang maka dapat menyebabkan kulit terlalu beriminyak, kulit terlalu kering, atau kulit wajah kurang kencang. Apabila pH kurang seimbang dapat memicu gangguan kulit wajah lainnya.
    Dengan rutin menggunakan toner dari cuka apel, kulit wajahmu akan selalu terjaga keseimbangan pH nya.
    Bersifat astringent dapat membantu menyeimbangkan produksi minyak, juga dapat mengecilkan pori-pori wajah
  4. Meredakan Kulit Terbakar Matahari
    Cuka apel dapat meredakan rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan, juga dapat meredakan kulit saat terkena iritasi, gatal ataupun peradangan.
  5. Detoks Racun Dari Kulit Wajah
    Debu, polusi udara dapat menyebabkan kulit kusam, jerawat, komedo dan masalah kulit lainnya. Cuka apel dapat berfungsi untuk membersihkan kulit wajah dan mendetoks racun yang menyebabkan kulit kusam dan jerawat, terdapat kandungan beta karoten juga dapat mencegah kerusakan kulit.

Baca juga : Tips Merawat Rambut yang Diwarnai Agar Awet dan Tidak Rusak

Manfaat Cuka Apel Untuk Rambut

  1. Melembabkan Rambut
    Cuka apel dapat menghidrasi lapisan rambut, agar rambut tetap terjaga kelembapannya.
  2. Megusir Ketombe
    Ketombe merupakan penumpukan dikulit kepala akibat terlalu banyak ragi pada kulit kepala yang berminyak. Usir ketombe dengan cuka apel, karena memiliki kandungan asam malat yang dapat menyeimbangkan pH kulit kepala, serta dapat mengurangi rasa gatal pada kulit kepala.
  3. Cegah Rambut Rontok
    Cuka apel dapaf menjaga agar kulit kepala kita selalu sehat, dapat mencegah bakteri, menyeimbangkan pH. Dengan begitu dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan lebih sehat.
  4. Menjadikan Rambut Lembut dan Mudah Diatur
    Penggunan bahan kimia untuk perawatan rambut membuat rambut menjadi rusak, kasar, dan kering. Cuka apel dapat menghilangkan penumpukan pada rambut, sehingga rambut menjadi lembut dan mudah diatur.
Baca selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Close