Dunia Anak

Manfaat Kacang Hijau Untuk Menunjang Pertumbuhan Anak

Kacang hijau merupakan makanan yang paling cocok untuk ibu hamil dan anak balita, karena makanan ini memiliki segudang nutrisi yang baik untuk menunjang pertumbuhan anak. Manfaat kacang hijau sangat banyak. Jika diolah dengan baik dan benar kacang hijau ini akan memiliki rasa yang lezat, tentu sangat disukai oleh anak balita.

Kandungan Nutrisi Kacang Hijau

Tak heran apabila Posyandu, selalu disediakan bubur kacang hijau untuk para ibu hamil dan balita. Ternyata kacang hijau kaya akan nutrisi, sepertii dibawah ini :

  1. Tinggi Protein
  2. Kaya akan kandungan serat
  3. Vitamin C, A, K, E, B6
  4. Asam Folat, riboflavin, niasin, zat besi,
  5. Kalium dan Kalsium
  6. Magnesium
  7. Vitamin B1 tiamin
  8. Mangan
  9. Seng, fosfor, dan natrium
  10. Vitamin B5 asam pantotenat

Manfaat Kacang Hijau Untuk Menunjang Pertumbuhan Anak

Kacang hijau sangat cocok dijadikan sebagai makanan pendamping, karena kaya akan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan balita. Apa saja manfaatnya ?

Manfaat Kacang Hijau Untuk Menunjang Pertumbuhan Anak
Manfaat Kacang Hijau Untuk Menunjang Pertumbuhan Anak

Sumber Vitamin dan Mineral

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa kacang hijau memiliki segudang mutrisi dan mineral yang sangat dibutuhkan untuk menunjang pertumbuhan balita. Terutama untuk perkembangan fisik dan mental balita. Dengan menjadikan kacang hijau sebagai camilan sehari-hari tentunya kebutuhan nutrisi balita akan terpenuhi, dan balita senantiasa akan selalu aktif saat beraktivitas.

Baik Untuk Perkembangan Otot dan Organ

Karena kacang hijau kaya akan kandungan protein, bahkan lebih tinggi kandungan proteinnya daripada telur, ayam dan ikan. Makanan yang kaya protein berperan memelihara perkembangan otot dan organ pada balita.

Mudah Dicerna

Memiliki tekstur yang lembut, dan mudah dikunyah membuat kacang hijau mudah dicerna didalam usus, sehingga balita akan terhindar dari resiko sembelit.

Melancarkan Pencernaan

Selain mudah dicerna oleh usus, kacang hijau juga dapat melancarkan sistem pencernaan balita. Karena kandungan seratnya yang tinggi, jika balita rutin konsumsi kacang hijau dalam jumlah yang cukup makan sistem pencernaannya akan selalu terjaga.

Mencegah Anemia Pada Balita

Anemia terjadi disebabkan karena kurangnya asupan zat besi, jika tubuh kekurangan zat besi maka tubuh tidak mampu memproduksi hemoglobin yang bertugas menyebarkan oksigen ke tubuh. Apabila balita terkena anemia, tubuhnya akan pucat dan menjadi cepat lelah..

Kacang hijau memiliki kandungan zat besi yang cukup, jika balita rutin mengkonsumsinya maka akan terhindar dari penyakit anemia. Balita pun akan selalu aktif dan semangat menjalani aktivitasnya.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh Anak

Dengan konsumsi kacang hijau balita akan terhiindar dari virus/bakteri penyebab penyakit, hal ini disebabkan kacang hijau memiliki kandungan antioksidan yang dapat menangkal virus penyebab penyakit serta meningkatkan kekebalan tubuh balita.

Baca juga : Makanan Bergizi Untuk Kecerdasan Anak , Makanan yang Cocok untuk Bayi Usia 1 Tahun

Baca selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Close