Dunia Anak

Manfaat Keju Untuk Pertumbuhan Bayi Sangat Bagus

Saat kita memiliki buah hati, momen yang paling menyenangkan adalah saat bayi sudah mulai memasuki masa MPASI. Kebanyakan Bunda pasti ingin memberi makanan yang terbaik untuk dijadikan MPASI, salah satunya adalah Keju. Manfaat Keju Untuk Pertumbuhan Bayi Sangat Bagus.

Usia Berapa Bayi Boleh Konsumsi Keju

Bayi Boleh Konsumsi Keju
Bayi Boleh Konsumsi Keju

Keju memiliki kandungan nutrisi penting yang diperlukan untuk kembang bayi, keju dapat dikerikan kepada bayi saat ia berusia 6 bulan, dan sudah diperbolehkan untuk makan makanan pendamping ASI. Pada masa awal bayi MPASI adalah waktu yang tepat untuk Bunda, memberinya makanan yang kaya akan nutrisi contohnya keju.

Manfaat Keju Untuk Pertumbuhan Bayi

Keju memiliki tekstur yang mudah dicerna oleh bayi, mudah dikreasikan dengan makanan lain. Selain itu keju juga memiliki berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan oleh bayi, diantaranya protein dan kalsium.

  1. Sumber Energi
    Di usia enam bulan keatas, bayi cenderung lebih aktif sehingga ia akan membutuhkan kalori yang cukup. Keju merupakan makanan yang kaya akan kalori, dalam 100gram keju terdapat 326 kalori. Sangat banyak bukan? Bahkan jumlah ini merupakan 5 kali lipat dari jumlah kalori yang terkandung dalam susu.
  2. Baik Untuk Pertumbuhan Tulang dan Gigi
    Pertumbuhan bayi di usia ini sangatlah pesat, termasuk pertumbuhan tulang dan giginya. Sehiingga bayi butuh asupan kalsium yang cukup, untuk mendukung pertumbuhan gigi serta menguatkan tulangnya. Keju merupakan sumber kalsium terbaik, jadi dengan pemberikan anak keju asupan kalsium bayi akan terpenuhi.
  3. Sebagai Antioksidan
    Keju memiliki kandungan antioksidan tinggi yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas, dan menjaga daya tahan tubuh jadi bayi tidak mudah terserang virus dan bakteri penyebab penyakit. Keju juga mengandung lemak baik, lemak ini bertugas untuk menghentikan pertumbuhan sel kanker.
  4. Memelihara Kesehatan Mata
    Hampir sama seperti wortel, keju memiliki kandungan vitamin A yang sangat tinggi. Vitamin A sangat baik untuk memelihara kesehatan mata, membuat pengelihatannya semakin jelas dan mencegah mata rabun.

Baca juga : Makanan yang Cocok untuk Bayi Usia 1 Tahun

Aturan Pemberian Keju Untuk Bayi

  1. Pastikan bayi sudah berusia 6 bulan keatas
  2. Pilihlah keju cottage ( keju rendah lemak )
  3. Batasi pemberiannya, untuk anak dibawah satu tahun sebaiknya hanya 3 lembar keju per hari
  4. Pastikann anak tidak memiliki alergi terhadap keju
Baca selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Close