Dunia AnakInspirasi

Manfaat Main Game Untuk Perkembangan Otak Anak

Banyak orangtua yang menganggap bahwa main game adalah hal yang buruk, dan tidak ada manfaatnya sama sekali, bahkan mereka berfikir game akan membawa dampak buruk bagi anak. Dunia anak merupakan dunia bermain, jangan heran apabila mereka sangat menyukai game. Tapi jangan salah, ternyata salah satu manfaat main game adalah untuk perkembangan otak anak.

Jangan pernah kita melarang anak bermain game, yang harus orangtua lakukan adalah membatasi waktu anak bermain game. Jaman sekarang banyak game memiliki unsur permainan edukatif dapat membuat anak-anak menjadi lebih kreatif, sikap ketrampilannya meningkat, dan mengembangkan kemampuan memecahkan masalah.

Baca juga : Begini, Cara Mengalihkan Perhatian Balita yang Keseringan Bermain Gadget

Manfaat Main Game Untuk Perkembangan Otak Anak

Sebenarnya berbagai macam permainan yang dimainkan anak membutuhkan keterampilan, kecekatan, fokus, dan keuletan anak agar dapat memenangkan permainan tersebut. Dibawah ini merupakan manfaat main game untuk anak yang perlu kamu ketahui :

  • Mengembangkan Fokus Visual

Dengan bermain game anak dapat mengembangkan fokus visualnya yaitu kemampuan seseorang untuk mempertahankan fokusnya saat dibutuhkan, serta dapat meningkatkan koordinasi antara tangan dengan mata mereka. Efek yang di dapat anak-anak akan lebih bagus dan presisi pada saat melakukan gerakan olahraga atau aktivitas fisik sehari-hari.

  • Meningkatkan Kemampuannya Berbahasa

Permainan yang sangat Trend saat ini adalah game online, karena kebanyakan game online menggunakan bahasa inggris secara tidak langsung anak harus dapat memahami bahasa inggris agar dapat memainkan game itu. Hal ini dapat menjadikan game merupakan sarana belajar sambil bermain.

  • Meningkatkan Keterampilan Strategi

Agar dapat menakhlukan lawan, anak harus berfikir cerdas dan berpikir kreatif dalam perencanaan maupun strategi untuk mendapatkan hasil akhir yang memuaskan. Dengan game ini dapat melatih penggunaan logika, menganalisa, dan memecahkan masalah yang dihadapi.

Manfaatnya otak anak jauh lebih tajam serta pandai dalam menyusun sebuah strategi yang berguna untuk menyesaikan masalah dalam kehidupan nyata.

  • Melatih Ketekunan

Saat bermain game, tentu saja pernah mengalami kegagalan. Hal itu yang membuat kita akan merasa penasaran dan tertantang untuk mencobanya lagi dan lagi.

Game dapat mengajarkan anak-anak untuk tekun mencoba memainkan permainan walaupun mengalami kegagalan. Dapat menjadi bekal dalam kehidupan nyata. Hal positif saat menghadapi kegagalan akan tertanam dalam kepribadian mereka ketika tumbuh dewasa, agar selalu mencoba dengan ketekunan untuk masa depan yang baik.

  • Mengatasi Depresi

Dengan bermain game akan mangaktifkan sistem syaraf parasimpatis yang dikenal dapat mengurangi tekanan yang menimbulkan stres pada anak, Aktivitas ini dapat merevitalisasi pikiran anak jadi membuat anak lupa akan tekanan yang dialaminya.

  • Melatih Kerjasama

Pada saat bermain game yang berpasangan, anak akan berlatih bagaimana untuk menjalin kersama yang bagus dengan teman-temannya.

  • Membuat Anak Jadi Lebih Bahagia

Bukan hanya menjadi alat edukasi dan alat untuk meningkatkan perkembangan otak anak, manfaat awal dari bermain game adalah untuk sarana hiburan bagi anak-anak agar bisa bersenang-senang di waktu senggang.

  • Meningkatkan Komunikasi

Pada saat bermain game, mereka lebih senang bermain bersama-sama dengan temannya. Hubungan pertemanan mereka juga bisa semakin luas saat mereka bermain game online dan terhubung dengan pemain lain di seluruh dunia. Hal tersebut mengharuskan mereka untuk berinteraksi dengan pemain lain.

Itulah manfaat main game untuk anak, tapi kita sebagai orangtua juga harus tetap mengawasinya saat bermain game untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Hal yang penting bagi orang tua juga untuk memilih jenis game yang sesuai dengan usia mereka.

Baca selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Close