Dunia Anak

Manfaat Membaca Dongeng Dapat Mencerdaskan Anak

Seiring dengan perkkembangan teknologi, kegiatan membaca dongeng hampir jarang sekali dilakukan oleh para orangtua masa kini. Mereka mengganti kegiatan membaca dongeng dengan kegiatan menonton video di Youtube, menonton televisi, atau bermain game di gagdet, padahal ada banyak sekali manfaat membaca dongeng untuk anak.

Manfaat Membaca Dongeng Untuk Anak

Kegiatan membaca dongeng untuk anak, memiliki beragam manfaat yang baik untuk perkembangan otak anak.

  1. Meningkatkan Kecerdasan Anak

    Seorang fisikawan teoritis yaitu Albert Einstein berkata “Jika Anda ingin anak-anak menjadi cerdas, bacakan dongeng untuk anak. Jika Anda ingin anak lebih pintar, bacalah lebih banyak dongeng,”

    Dengan membacakan dongeng untuk anak, dapat meningkatkan imajinasi anak-anak. Dongeng juga dapat menambah wawasan anak, Bunda dapat membacakan dongeng tentang kisah-kisah yang bernilai positif. Untuk memperjelas objek pada dongeng, bisa menggunakan alat peraga atau buku yang disertai dengan gambar menarik.

    Dengan begitu cara berfikir anak akan lebih baik, lebih kritis dan cerdas. Anak juga akan mulai memahami, hal apa saja yang boleh ditiru dan hal yang tidak boleh ditiru. Tak hanya itu, melalui dongeng akan membuatnya mengekspresikan ide-ide dengan mudah. Dan dapat memperluas kosakata pada anak.

  2. Meningkatkan Daya Pikir Anak

    Dengan membacakan anak dongeng, anak akan melihat gambar-gambar yang ada dibuku dongeng. Dengan begitu otomatis anak akan membayangkan, bagaimana suasana serta tokoh-tokoh yang ada dalam dongeng tersebut..Hal ini dapat mengasah kreativitas anak/

  3. Menumbuhkan Kegemaran Membaca Pada Anak

    Seringnya membacakan anak dongeng, hal ini lama-lama akan menumbuhkan kegemaran membaca pada anak. Berawal dari buku-buku cerita, yang akan berlanjut pada buku-buku lain misalnya buku pengetahuan, buku agama, dll.

  4. Membiasakan Anak Berfikir Positif

    Berbagai karakter dalam cerita dongeng, dapat membantunya menghubungkan keadaan di dunia nyata. Hal ini akan membuat anak memiliki pandangan positif, pada suasana cemas, perkelahian, dan masalah dalam hidup. Cara ini juga dapat mengajarkan anak dalam keterampilan berpikir kritis, dan kemampuan memecahkan masalah.

  5. Mempererat Ikatan Orangtua Dan Anak

    Kebanyakan orangtua sibuk dengan urusannya masing-masing, hal ini tentu membuat waktu orangtua untuk memperhatikan anak menjadi lebih sedikit. Dengan meluangkan sedikit waktu membaca dongeng untuk anak, dapat mempererat ikatan orangtua dan anak. ( Baca juga : Tips Mudah Melatih Anak Berbicara Sejak Dini )


Loading...
Baca selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close