Dunia Anak

Manfaat Yogurt Untuk Kesehatan Balita

Yogurt terbuat dari fermentasi hasil olahan susu sapi, seperti yang sudah diketahui susu sapi memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Yogurt memiliki rasa asam yang nikmat maka tak heran jika disukai oleh semua orang termasuk anak-anak, manfaat yogurt terkenal sangat ampuh untuk memperlancar sistem pencernaan.

Pada Usia Berapa Balita Boleh Minum Yogurt ?

Bayi boleh minum yogurt jika ia sudah berusia 6 bulan keatas, dimana bayi sudah diberikan makanan pendamping ASI. Dan pada usia tersebut sistem pencernaan bayi sudah berfungsi dengan baik, jadi jangan khawatir bayi akan diare atau sakit perut sehabis minum yogurt.

Manfaat Yogurt Untuk Menunjang Tumbuh Kembang Balita

Ternyata yogurt bukan hanya baik untuk sistem pencernaan, tapi yogurt juga memiliki banyak manfaat untuk menunjang tumbuh kembang balita, seperti yang dijelaskan dibawah ini :

  1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

    Yogurt memiliki kandungan asam laktat dan probiotik sehingga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh yang baik pada balita. Dengan minum yoogurt secara rutin setiap hari, balita akan senantiasa terlindungi dari bakteri penyebab diare dan disentri.

  2. Memelihara sistem pencernaan balita

    Yogurt memang sudah terkenal sangat bermanfaat untuk memelihara sistem pencernaan, hal itu dikarenakan adanya kandungan asam laktat pada yogurt yang bertugas untuk menyeimbangkan asam-basa dalam tubuh.

    Bifidobacterium lactis berfungsi untuk menurunkan resiko sindrom iritasi usus dan sembelit, lalu Lactobacillus acidophilus berfungsi untuk mengurangi gejala alergi laktosa. Tak hanya itu saja, yogurt juga memiliki kandungan Streptococcus thermophilus fungsinya untuk meredakan kram perut dan perut kembung.

  3. Memperkuat tulang balita

    Karena yogurt terbuat dari hasil olahan fermentasi susu sapi, susu terkenal sangat bagus untuk pertuumbuhan tulang pada balita. Karena mengandung Protein , kalsium, vitamin D, fosfor, dan magnesium.

    Yogurt juga mengandung laktoferin, laktoferin merupakan ikatan protein-besi berfungsi membangun sel tulang serta menghambat aktivitas sel osteoklas, yang bisa merusak tulang.

  4. Mengandung nutrisi yang baik untuk balita

    Yogurt kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk tumbuh kembang balita, diantaranya adalah vitamin A, C, B2, B3, B6, D, E, K, dan folat. Tak hanya itu, yogurt juga kaya akan kandungan mineral, yaitu kalsium, fosfor, kalium, magnesium, zink, natrium, dan mineral lainnya. ( Baca : Pentingnya Vitamin A Untuk Tumbuh Kembang Anak )

Baca selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Close