Kuliner

Mengapa Masakan Khas Indonesia Ini Nggak Bakal Bisa Ditiru Negara Lain? Ini Penjelasannya

Masakan Khas Indonesia ada jumlahnya sangat banyak sekali, hal ini karena Indonesia juga punya aneka ragam budaya dari seluruh nusantara. Beberapa Masakan Khas Indonesia ini terkenal sampai luar negri, namun orang – orang dari negara lain sulit untuk menirunya.

Walaupun beberapa negara telah mencoba resep Masakan Khas Indonesia, namun rasa yang dihasilkan tidak akan mampu menandinginya. Sebab kebanyakan bumbu untuk mengolah masakan tersebut berasal dari Indonesia dan jarang dijumpai di negara lain.

5 Masakan khas Indonesia Yang Sulit Ditiru Oleh Negara Lain

1. Rawon

masakan khas indonesia

Rawon adalah salah satu resep Masakan Khas Indonesia yang berasal dari Jawa Timur. Rawon memiliki rasa yang unik, dipadu daging sapi empuk dengan kuah kehitaman.

Mengapa resep masakan rawon ini sulit ditiru oleh negara lain?

Rawon merupakan masakan yang di olah sedemikian rupa dengan bumbu rempah. Dan salah satu dari bumbu tersebut bernama kluwek (dalam bahasa jawa) dan bumbu ini hanya ada di Indonesia.

Kluwek ini berasal dari biji pohon kluwek. Pohon ini besar dan rata-rata memiliki tinggi 40 meter dengan diameter batang 2 setengah meter.

Pohon kluwek ini berasal dari Indonesi, dan apabila menemukan kluwek di luar negeri, kemungkinan besar impor dari Indonesia.

Buah dalam biji kluwek berwarna hitam inilah yang digunakan untuk bumbu rawon. Namun hati-hati, biji kluwek beracun apabila dikonsumsi mentah secara langsung, karena mengandung asam sianida konsentrasi tinggi.

Maka dari itu, resep masakan rawon sulit di tiru oleh negara lain.

2. Rendang

masakan khas indonesia

Rendang adalah masakan khas Indonesia yang cukup populer diluar negri, resep masakan ini berasal dari Orang Minangkabau.

Rendang dapat bertahan hingga berminggu-minggu tanpa bahan pengawet sekalipun dan menjadi icon untuk rumah makan padang dan restoran yang sekarang ini juga banyak tersebar di luar negri.

Untuk memasak rendang sendiri dibutuhkan kesabaran tingkat tinggi, karena pembuatannya yang cukup sulit dengan takaran bumbu rempah – rempah yang pas dan pengolahan yang cukup unik.

Rendang dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan secara berulang-ulang dengan santan kelapa. Proses memasaknya juga memakan waktu berjam-jam (biasanya sekitar 3 – 4 jam) sampai agak kering dan berwarna hitam pekat.

Itulah mengapa rendang adalah salah satu masakan khas Indonesia yang susah di tiru oleh negara lain.

3. Gudek

masakan khas indonesia

Orang luar negri akan terheran – heran apabila baru pertama kali makan gudeg, mungkin mereka akan mengira gudeg sebagai daging, padahal itu adalah nangka muda.

Perlu diketahui, hanya negara Indonesia saja yang mengolah nangka muda menjadi sayur, apalagi cara pengolahan masakan gudeg ini cukup unik.

Resep gudeg diketahui merupakan masakan yang berasal dari kraton Jogja, walaupun sebenarnya masakan ini dulunya disajikan untuk para pekerja keraton sewaktu dibangunnya kerajaan Mataram Islam yang ada di daerah Kotagede.

Untuk proses pembuatan Gudeg, nangka muda atau gori dalam bahasa jawa harus direbus selama beberapa jam dengan gula kelapa serta santan dan daun dari pohon jati agar warnanya terlihat memerah.

Dengan dilengkapi berbagai bumbu sebagai tambahan membuat Gudeg, menjadikan masakan ini terasa manis dilidah dan memiliki rasa yang khas dan sesuai dengan selera masyarakat Jawa pada umumnya.

Itulah 3 masakan khas Indonesia yang tidak bakal bisa ditiru oleh negara lain, terutama dari rasanya yang memang benar – benar khas dan unik.

Baca juga5 Resep Minuman Dingin Ala Resto dan Cafe yang Praktis, Mudah untuk Dibuat

Baca selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Close