Dunia Anak

Melatih Anak Makan Sendiri Sejak Usia Dini

Melatih anak makan sendiri sejak usia dini adalah salah satu cara mengajarkan anak agar mandiri. Terlalu memanjakannya dengan terlalu sering menyuapinya adalah suatu kebiasaan yang tidak baik untuk perkembangan motoriknya.

Akan tetapi, seiring dengan perkembangan zaman para orangtua sudah mulai melatih anak agar bisa makan sendiri sejak usia dini. Metode ini disebut dengan self-feeding. Bukan hanya melatih kemampuan motorik, cara ini juga dapat menumbuhkan sikap kepercayaan diri pada anak.

Baca juga : Mengajarkan Sikap Sopan Santun Pada Anak Sejak Dini

Berikut adalah langkah yang harus Bunda perhatikan :

  • PASTIKAN ANAK SUDAH SIAP UNTUK BELAJAR MAKAN SENDIRI

Sebelum melakukan langkah-langkah untuk melatih anak makan sendiri, Bunda harus perhatikan apakah sudap siap untuk belajar makan sendiri.

Tanda jika dia sudah siap belajar makan sendiri ditunjukan saat dia sudah bisa duduk dengan baik dan juga sebelumnya sudah dilatih dengan makanan semi padat. Usia yang tepat untuk melatih hal ini adalah diusia 9 bulan keatas,

  • AJAK MAKAN BERSAMA DENGAN KELUARGA

Mengajaknya makan bersama dengan keluarga adalah cara yang paling tepat untuk melatih anak makan sendiri, karena disitu dia akan memperhatikan bagaimana cara makan yang baik.

Disaat anak mulai memperhatikan, Bunda bisa memberikan contoh cara mengambil makanan dengan tangan kanan, lalu memasukan makanan ke mulut, dan mengunyahnya dengan baik. Dengan begitu anak dengan mudah memahami cara makan yang benar.

  • SEDIAKAN MAKANAN YANG MUDAH UNTUK DIAMBIL

Sediakan makanan berupa sayuran seperti wortel, kentang yang dikukus lalu potong sepanjang jari-jari agar mudah digenggam oleh anak. Bisa juga memberikannya buah-buahan yang segar seperti apel, melon, pepaya, peer. Pilihlah makanan yang sekiranya dia sudah bisa memakannya.

  • GANTI MENU MAKAN SETIAP KALI DIA MAKAN

Karena Anak mudah sekali merasa bosan, maka Bunda harus lebih kreatif menyajikan menu makanan. Dengan menu yang bervariasi anak akan lebih bersemangat untuk makan dan memberikan kesempatan supaya anak merasakan berbagai rasa makanan.

  • JANGAN SAMPAI MEMARAHINYA

Bunda harus ekstra sabar dan telaten dalam melatih anak makan sendiri, bila makanan tumpah berceceran dilantai itu adalah hal yang wajar jadi jangan sampai Bunda memarahinya karena akan membuat Anak trauma.

Bunda juga jangan sering memberikan bantuan, cukup memberikannya alas yang terbuat dari plastik agar lebih mudah untuk membersihkannya. Dan tetap dampinginya saat makan.

Baca selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Close