Dunia AnakInspirasi

Melatih Anak Mandi Sendiri Agar Belajar Mandiri

Hal yang paling wajib dilakukan setiap hari adalah mandi untuk selalu menjaga kebersihan tubuh. Sejak dari kecil orangtua telah melatih anak mengenai kebersihan baik dari kebersihan badan sampai kebersihan rumah. Orangtua harus melatih anak mandiri sendiri saat anak mulai memasuki sekolah TK.

Karena anak memiliki sifat  yang labil, mereka sangat menyukai air tetapi terkadang mereka tiba-tiba susah sekali untuk diajak mandi. Jadi kita harus pandai membujuknya agar mau mandi, buatlah mandi merupakan permainan air yang sangat menyenangkan.

Kita sebagai orangtua harus melatih anak mandi sendiri agar anak bisa mandiri, berikut adalah tips yang efektif :

  • Siapkan Perlengkapan Mandi

Cobalah untuk mengajak anak saat belanja, biarkan anak memilih perlengkapan mandi yang dia sukai mulai dari sabun, shampoo, sikat dan pasta gigi. Hal ini dilakukan agar anak lebih bersemangat untuk mandi.

  • Latih Untuk Melepas Pakaian Sendiri

Hal yang paling sulit bagi anak adalah saat melepas pakaian, jadi kita perlu membantunya ketika ia mengalami kesulitan seperti saat tangan kecilnya kesulitan untuk meraih baju yang akan dilepasnya.

  • Selalu Dampingi Anak

Jangan pernah meninggalkan anak sendirian dikamar mandi, Jika ini untuk pertama kalinya anak belajar mandi sendiri, dampingilah mereka berikan pengarahan secukupnya yang berkaitan dengan cara mandi yang benar.

Baca juga : Melatih Anak Makan Sendiri Sejak Usia Dini

  • Sediakan Cermin Dikamar Mandi

Kalau bisa sediakanlah cermin dikamar mandi setinggi anak, cermin ini dapat membantu anak melihat bagian tubuh yang tak terlihat langsung contohnya punggung dan bokong. Karena bagian ini sering lepas dari perhatian anak.

Dengan adanya cermin akan memudahkan untuk melihat bagian yang belum terkena sabun atau bagian yang belum dibersihkan, sehingga anak akan dapat mandi sendiri dengan bersih.

  • Periksa Kembali Setelah Selesai Mandi

Periksa kembali hasil mandi mereka, karena anak akan merasa dihargai apabila Bunda dengan senang hati mau menilai hasil mandinya. Berikanlah penilaian yang baik dan ajarkan dengan kasih penuh sayang. Semua pasti memiliki proses untuk dapat melakukannya dengan baik dan benar.

Ajarkan sikap mandiri pada anak sejak usia balita dapat membantu menciptakan rasa percaya diri dalam diri mereka. Dengan membiarkannya mandi sendiri artinya kita sebagai orangtua percaya bahwa anak bertambah besar dan tumbuh dengan segala kemampuan dan rasa percaya diri.

Baca selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Close