Dunia Anak

Mendengarkan Musik Dapat Menstimulasi Kecerdasan Bayi

Mendengarkan musik dapat membuat perasaan orang dewasa menjadi lebih rileks dan tenang, dengan alunan musik tersebut dapat membuat lebih bersemangat dan hati menjadi lebih bahagia. Tapi bukan hanya bermanfaat bagi orang dewasa, musik juga dapat menstimulasi kecerdasan bayi.

Musik ternyata dapat melatih keseimbangan otak kiri dan otak kanan, musik dapat mempengaruhi perkembangan pada otak anak. Sehingga banyak para Bunda yang memperdengarkan musik sejak bayi masih didalam kandungan, jenis musik yang dapat menstimulasi kecerdasan bayi adalah musik klasik. ( Baca : Tips Memilih Mainan Merangsang Kecerdasan Anak )

Mendengarkan Musik Dapat Menstimulasi Kecerdasan Bayi

Sampai bayi lahir kedunia, bayi akan terus distimulasi oleh musik. Contohnya mainan-mainan bayi baru lahir kebanyakan mengeluarkan musik, karena musik dan lagu dipercaya bermanfaat untuk perkembangan otak anak, apa saja manfaatnya ?

Manfaat Musik Untuk Bayi

  1. Merangsang Indra Pendengaran
    Karena musik di nikmati melalui indra pendengaran, secara tidak langsung musik dapat merangsang indra pendengaran pada bayi. Pada saat ada suara musik otomatis bayi akan mencari sumber suara tersebut, menolehkan kepala serta pandangannya ke arah sumber suara itu.
  2. Meningkatkan Daya Ingat
    Alunan musik sudah terbukti lebih mudah diingat oleh otak daripada suatu kejadian atau suara lain, dapat mengingatkan pada kejadian di masa lampau. Sehingga musik dapat berperan untuk menstimulasi ingatan, bahkan dapat mengembalikan ingatan kenangan dan perasaan yang dialami di masa lampau.
  3. Memberikan Rasa Nyaman
    Bunda bisa memperdengarkan bayi musik saat sebelum tidur, dengan begitu bayi akan tidur dengan nyaman dan nyenyak. Pilihlah musik yang memiliki tempo seirama dengan jantung, dengan begitu dapat membantu bayi Anda mengontrol emosi.
  4. Dapat Menstimulasi Tubuh Bayi Agar Bergerak
    Saat bayi mendengarkan musik, otomatis badannya akan bergerak-gerak mengikuti alunan musik. Hal ini dapat melatih kemampuan motorik kasar, juga dapat menyehatkan tubuhnya.
  5. Melatih Untuk Mempelajari Kata-kata Baru
    Dengan mendengarkan berbagai musik, dapat menambah kosa kata baru pada bayi, sehingga menstimulasi kecerdasan bayi.
  6. Menghibur
    Manfaat musik bagi anak juga dapat membuat suasana hati bayi menjadi bahagia, dengan mendengarkan musik yang disukai, si Kecil akan merasa terhibur, nyaman dan menenangkan. Jika suasana hati bayi nyaman dan tenang, pasti akan lebih mudah untuk untuk menerima, mengolah dan menyimpan informasi.
Baca selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Close