Dunia Anak

Mengajari Anak Menulis Sejak Balita

Mengajari Anak menulis bukan hanya tugas Guru di sekolah, tetapi orangtua dirumah juga wajib mengajari anak tentang bagaimana cara menulis yang baik dan benar.

Lalu kapan waktu yang tepat? Mengajari anak menulis sejak dini akan lebih bagus,tapi Bunda juga harus sesuaikan dengan melihat minat dan keinginan sang Anak. Apabila sudah mulai tampak pada anak kita, maka Bunda harus segera memberi perlengkapan menulis dan pola belajar yang baik.

Baca juga : Tips dan Trik Mengajar Anak TK yang Baik dan Benar

Awalnya jika Bunda memberikan pensil kepada anak, dia akan mencorat-coret sesuka hati. Biarkan saja ini akan melatih kemampuan motorik anak yang berfungsi agar melatih otot-otot anak untuk berkordinasi dengan otak, mata dan tangan mereka.

Cara Mengajari Anak Menulis Sejak Balita

Pastinya akan membutuhkan waktu yang bukan sebentar untuk mengembangkan kemampuan anak untuk menulis, peran orang tua sangat penting dalam mengajari anak menulis. Jadi jangan pernah ragu untuk mengenalkan anak dengan membaca, menulis, dan berhitung.

Dibawah ini merupakan langkah-langkah yang tepat :

  • Ajari Balita Memegang Pensil Dengan Benar

Ajarkan Anak menggenggam pensil dengan benar, karena dengan begitu anak akan lebih nyaman dan mudah untuk menulis.

  • Ajari Dengan Cara Yang Menyenangkan

Karena sifat balita masih sangat labil, dia akan lebih cepat merasa bosan terhadap suatu hal. Maka dari itu kita harus pandai-pandai mencari cara agar dia tetap enjoy saat belajar menulis.

Contohnya dengan memberikannya crayon warna-warni untuk menulis namanya di kertas, tahap awal ini tidak harus langsung menulis angka atau alfabet. Biarkan dia berkreasi sesuai imajinasinya di atas kertas.

  • Menebalkan Garis Putus-putus

Menebalkan garis putus-putus merupakan cara yang bagus untuk tahap awal ini, berikan gambar atau tulisan dengan garis putus-putus lalu ajak anak untuk menghubungkan garis-garis pada gambar atau tulisan tersebut.

  • Mengenal Angka dan Huruf

Disaat mulai mengajarkan dia angka dan hurus, ajarkan secara bergantian. Misalnya huruf A , ajak dia menuliskan huruf tersebut dan mengucapkannya supaya pelan-pelan dia akan hafal angka dan huruf dengan sendirinya.

  • Latih Agar Terbiasa Menulis

Mintalah anak menulis kata sesuai yang Anda ucapkan. Lalu periksa sudah benar atau salah jadi Anda bisa tahu sampai mana anak memahaminya. Jika masih salah saat berlatih hendaknya beri contoh yang baik supaya latihan ini bisa menjadi kebiasaan anak.

  • Jangan Paksa Anak

Lakukan pembelajaran menulis ini ketika hati anak gembira, tidak sedang lapar atau mengantuk. Jika Bunda memaksanya anak justru akan merasa tertekan dan membuat latihan ini tidak maksimal.

  • Sabar Dan Telaten

Tidak mungkin dalam sekali belajar anak sudah dapat menulis dengan rapi dan sempurna, semua pasti membutuhkan waktu dan proses yang panjang. Harus sabar dan telaten dalam mengajari anak menulis, agar anak juga dapat memahaminya dengan baik.

  • Berikan Support

Support selalu tiap tulisannya, beri pujian yang tulus untuk hasil karyanya. Hargai semua usaha yang telah mereka lakuka. Lihat proses demi proses, baik atau buruk hasil tulisan anak, kita harus selalu memberi support dengan memuji hasil karyanya. Agar membuat anak termotivasi supaya menghasilkan tulisan-tulisan yang lebih baik lagi selanjutnya.

Baca selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Close