Dunia Anak

Mengajarkan Sikap Sopan Santun Pada Anak Sejak Dini

Semua orangtua didunia ini ingin memiliki anak yang berakhlak baik, Sopan Santun dan tidak nakal. Tidak ada salahnya jika kita sebagai orangtua harus mengajarkan sikap sopan santun kepada anak sejak dini.

Anak akan mulai paham tentang hal itu pada usia 3 tahun, agar anak dapat memahami Sopan Santun, Bunda harus mengajarkan sikap sopan santun pada anak sejak dini dan dilakukan sesering mungkin.

Berikut adalah cara untuk menumbuhkan sikap sopan santun pada anak sejak dini :

Gambar

  1. Mulai dari Kebiasaan

Membiasakan anak untuk mengucapkan ‘terima kasih’ saat ada seseorang yang melakukan hal baik pada dirinya dan berkata ‘tolong’ saat dia butuh sesuatu adalah cara yang paling baik untuk mengajarkan sikap sopan pada anak sejak dini.

  1. Menjadi Contoh yang Baik

Cara untuk mengajarkannya pada anak adalah dengan memberikan contoh dan sikap yang baik pada anak secara terus menerus. Karena perilaku anak sangat dipengaruhi oleh lingkungan disekitarnya.

Dengan melihat contoh perilaku orangtuanya sehari-hari, maka anak akan terbiasa dengan sikap sopan.

Karena cara yang paling mudah untuk mengajarkan sikap sopan santun pada anak adalah melalui contoh, bukan hanya memberi nasehat.

Baca juga : Melatih Mental Anak agar Memiliki Kepribadian, Berani dan Percaya Diri

  1. Jangan Pernah Lelah

Pasti akan membutuhkan waktu sampai anak ingat dan paham dengan sendirinya menggunakan kalimat itu setiap saat.

Tetapi Bunda jangan sampai memaksakan anak, buatlah anak enjoy dan kebiasaan

mengajarkan sikap sopan santun pada anak akan jadi hal yang menyenangkan untuk diingat.

Terkadang anak mungkin masih sering lupa bagaimana harus bersikap Sopan dan Santun, akan tetapi kita sebagai orangtua jangan pernah lelah untuk mengingatkan mereka.

  1. Memberikan Support Pada Anak

Sebagai orangtua kita harus memberikan support untuk anak agar dia lebih bersemangat dan senang ketika berperilaku sopan santun.

Contohnya ketika anak berbuat baik dan sopan, berikan mereka pujian atau hadiah seperti makanan atau minuman yang dia sukai.

Tetapi pujian juga tidak boleh diberikan terlalu berlebihan. Pada intinya, jika anak belum paham maka beritahu dan tuntunlah mereka, bila anak sudah paham dan melanggar maka tegurlah dia dengan halus, jika anak sudah tahu dan berubah maka pujilah dia.

  1. Berikan Perhatian Pada Anak

Sebanyak apapun pekerjaan Bunda di rumah pastikan untuk tetap memberi perhatian dan menanggapi atas yang dilakukannya. Karena terkadang anak akan melakukan hal-hal yang kurang sopan karena untuk menarik perhatian orangtuanya agar memperhatikannya.

Sopan santun adalah sebuah perilaku yang harus kita punya ketika hidup di lingkungan sosial. Dan sopan santun berasal dari didikan orangtua, jadi sebaiknya mengajarkan sikap sopan santun pada anak sejak dini.

Kuncinya untuk kita para orangtua dalam mengajarkan sikap sopan santun pada anak harus dengan penuh kasih sayang, kesabaran, dan telaten. Jangan lupa juga di iringi dengan doa.

Karena sikap dan kepribadian anak merupakan bekal untuk masa pertumbuhan hingga dia dewasa kelak.

Baca selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Close