Dunia Anak

5 Hal Wajib Untuk Menjaga Kesehatan Anak di Usia Balita

Balita merupakan usia anak yang sedang aktif-aktifnya untuk mengeksplorasi dalam berbagai hal. Anak tidak hanya suka mempelajari benda-benda yang ada di sekitar rumah, namun juga pada lingkungan sekitarnya. Seiring dengan pertumbuhan usia , bagaimana kiat untuk menjaga kesehatan Anak di masa balita?

Sebagian besar anak mungkin sedang asyik – asyiknya bermain di luar rumah, berlari-larian, dan melakukan segala aktifitas bersama teman seusianya..

Dan semakin aktif anak bermain, orang tua mungkin akan mengkhawatirkan kondisi dan kesehatan anak. Beberapa hal dibawah ini wajib diperhatikan oleh setiap orang tua untuk selalu menjaga kesehatan Anak.

Beberapa hal yang umum menyebabkan anak mudah sakit

1. Masalah Kekebalan Tubuh

Masalah kekebalan tubuh bisa saja terjadi pada anak yang memiliki kelainan pembawan sejak lahir, seperti penderita alergi (mekanisme imun pada tubuh yang berlebihan).

Tetapi, anak tanpa kelainan bawaan juga bisa mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh.

Saluran pencernaan merupakan benteng perlindungan bagi kesehatan anak, sebab pada saluran cerna terdapat sekitar 80 % sel yang menghasilkan antibodi.

Saluran pencerna berfungsi sebagai sistem perlindungan (pertahanan) paling utama untuk menghadapi mikroorganisme patogen dan mengatur sistem pertahanan tubuh agar lebih peka terhadap alergen.

Untuk menjaga kesehatan anak di usia balita, pastikan untuk memberi asupan makanan yang bergizi kepada anak untuk memperkuat kekebalan tubuhnya.

2. Lingkungan

Lingkungan yang kurang bersih dan sehat adalah sumber virus dan bakteri yang sering mengganggu bagi kesehatan anak.

Lingkungan yang biasanya menularkan penyakit pada anak balita adalah teman bermain. Apabila ada salah satu teman sedang sakit, besar kemungkinan akan menular kepada anak-anak lain.

Kasus paling banyak dan paling cepat menular adalah virus penyakit flu, seperti batuk dan pilek. Apabila anak Anda tertular, maka dalam waktu singkat badan si anak akan panas dan merasakan demam.

Orang tua wajib untuk menjaga kesehatan anak di usia balita dengan pantuan secara langsung saat bermain dengan beberapa teman si kecil.

5 Hal Wajib Untuk Menjaga Kesehatan Anak Saat Usia Balita

Menjaga Kesehatan Anak di Usia Balita

1. Memberikan Makanan Bergizi

Pastikan anak mendapatkan asupan gizi sesuai kebutuhan dan perkembangannya. Dengan makan yang sehat, daya tahan tubuh anak menjadi lebih kuat untuk menangkal penyakit.

Unsur gizi yang terpenting untuk pertumbuhan dan kesehatan anak adalah karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral. Komposisi gizi yang dianjurkan untuk anak adalah 50-70 persen karbohidrat, 20-30 persen lemak, dan 10-15 persen protein.

2. Selalu Menjaga Kebersihan

Daya tahan tubuh kuat anak juga bisa dengan menjaga kebersihan diri. Ajarkan anak agar memahami pentingnya kebersihan.. Biasakan anak agar mencuci tangan sebelum dan selesai makan.

Ajarkan selalu untuk tetap bersih dengan mandi dua kali sehari, menggosok gigi pagi dan malam, serta mencuci kaki setiap akan tidur.

3. Pastikan untuk Selalu Aktif Bergerak

Pastikan memberikan waktu bagi anak untuk aktif bergerak minimal satu jam dalam sehari di dalam ruangan maupun diluar euangan. Contohnya, dengan membiarkan anak berlarian, menari, berayun, atau bermain di luar ruangan bersama teman-temannya.

BacaIni Pentingnya Anak Bermain Di Luar Rumah, Terutama untuk Meningkatkan Kecerdasan

Apaila anak aktif bergerak, aliran darah juga akan menjadi lancar dan mengurangi resiko terhindar dari obesitas. Selain itu,  kekebalan tubuh anak juga semakin meningkat.

4. Jangan Jajan Sembarangan

Salah satu hal yang bisa membuat daya tahan tubuh anak menurun adalah kebiasaan jajan sembarangan. Membeli makanan atau minuman yang tak terjamin kebersihannya akan menjadi resiko untuk terserang bakteri.

Untuk menjaga kesehatan anak, selalu ingatkan pada si kecil untuk menghentikan kebiasaan jajan di sembarang tempat agar tidak mudah terserang penyakit.

Salah satu penyakit yang sering diderita anak akibat keseringan jajan sembarangan adalah diare.

5. Jangan Abaikan Jadwal Imunisasi

Setiap anak balita sudah mempunyai jadwal imunisasi yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Pastikan unutuk selalu mematuhi jadwal imunisasi agar kekebalan tubuh anak terbentuk dan mengurangi risiko terkena penyakit.

Itulah beberapa hal yang wajib orang tua lakukan untuk menjaga kesehatan anak, terutama di usia balita.

Baca selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close