Kuliner

Minuman Untuk Melegakan Radang Tenggorokan

Pada saat pergantian musim, tubuh sangat rentan sekali terkena penyakit seperti flu, kepala pusing, diare, batuk, dan radang tenggorokan.

Jika sudah terkena sakit akan sangat mengganggu segala aktivitas kita, terlebih lagi jika kita mengalami sakit radang akan terasa sangat menyiksa. Tapi, jangan khawatir karna dibawah ini ada beberapa minuman untuk melegakan tenggorokan yang sedang sakit.

  • AIR PUTIH

Cara termudah untuk meredakan radang tenggorokan adalah dengan minum air yang cukup karena dapat menjaga kelembapan dan kebersihan tenggorokan, minum air yang cukup juga mencegah dehidrasi dan penyakit yang lain.

  • WEDANG JAHE

Hangatnya wedang jahe sangat pas diminum ketika tenggorokan mulai terasa sakit saat menelan. Jahe dapat mengurangi rasa sakit pada tenggorokan, dan membuat kita lebih nyaman. Jahe memiliki sifat anti bakteri dan anti inflamasi yang dapat mempercepat penyembuhan radang.

  • MADU

Madu yang banyak mengandung antioksidan, juga bersifat antibakteri, antivirus, dapat mempercepat sembuhnya radang tenggorokan. Sebaiknya minum madu dengan teh hangat atau tambahkan sedikit perasan lemon, akan sangat terasa perubahannya dengan sekali minum saja.

  • TEH HERBAL

Teh herbal merupakan ramuan untuk meredakan sakit tenggorokan. Terbuat dari aneka rempah, akar, dan dedaunan herbal dapat memberi efek hangat serta mengurangi rasa tenggorokan kering akibat radang. Aroma harum khas dari rempah-rempah seperti kayu manis, cengkih, kapulaga, dan dedaunan aromatik juga dapat menenangkan fikiran sehingga terasa nyaman.

  • BUAH PISANG

Pisang memiliki tekstur yang mudah ditelan dapat membantu tubuh Anda mendapatkan nutrisi untuk mengatasi radang tenggorokan. Karena pisang kaya akan vitamin B6, vitamin C dan kalium yang sangat diperlukan oleh tubuh.

  • PEPPERMINT

Peppermint dapat menyegarkan pernafasan selain itu juga memiliki kandungan mentol yang bisa meredakan  radang dan batuk. Karena peppermint memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan antivirus yang dapat mempercepat penyembuhan.

baca juga : Minuman Pelepas Dahaga Saat Cuaca Panas

  • BERKUMUR AIR GARAM

Dengan berkumur air garam dapat meringankan gejala radang tenggorokan, juga bisa membunuh bakteri, mencegah pembengkakan dan iritasi pada tenggorokan, serta membuat tenggorokan tetap bersih. Larutkan 1 sdt garam pada 250 ml air hangat, berkumurlah dan tetapi air garam jangan sampai tertelan. Ulang cara ini beberapa kali sehari sesuai kebutuhan kamu.

Itulah beberapa minuman untuk melegakan tenggorokan yang radang, apabila dalam 3 hari belum juga membaik segera konsultasikan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Baca selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Close