Dunia Anak

Pentingkah Suplemen Nafsu Makan Untuk Anak?

Sifat anak-anak memang masih sangat labil serta sulit ditebak, terkadang anak memiliki nafsu makan yang rendah. Asupan nutrisi untuk anak sangatlah penting, tapi apa jadinya jika anak sulit makan? Perlukah untuk memberinya suplemen nafsu makan?

Hormon ghrelin dan leptin adalah yang mengendalikan nafsu makan seseorang, kedua hormon berpengaruh karena hormon ghrelin yang dapat meningkatkan nafsu makan, sedangkan hormon leptin berfungsi untuk menurunkan nafsu makan sehingga dapat menunda rasa lapar.

Hal lain yang dapat mempengaruhi nafsu makan anak adalah kondisi kesehatannya, biasanya penyebab utama nafsu makan anak menurun ketika dirinya sedang sakit. Misalnya demam, flu, sakit tenggorokan, diare, sembelit, sakit perut dan berbagai masalah kesehatan lain.

Kondisi tersebut yang menyebabkan orangtua bingung, harus bagaimana agar anaknya mau makan.  Jadi kebanyakan orangtua memberikan suplemen nafsu makan anak, yang dipercaya dapat mengembalikan nafsu makan anak.

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Sebaiknya Bunda jangan terburu-buru memberikan anak suplemen penambah nafsu makan, ada baiknya Bunda coba dulu beberapa cara dibawah ini :

  1. Buat makanan dengan tampilan yang menarik
    Bunda harus kreatif, karena anak-anak sangat menyukai hal yang menarik. Kreasikan makanan menjadi bentuk-bentuk yang unik, dengan menambahkan sayuran dengan warna yang berbeda atau membentuk nasi menjadi bentuk binatang. Hal ini akan menumbuhan rasa penasaran pada anak, sehingga ia ingin segera mencoba makanan yang sudah ada didepan mata.
  2. Berikan anak peralatan makanan yang unik
    Sebaiknya sediakanlah satu set peralatan makan anak yang memiliki gambar dan bentuk yang unik, dengan begitu anak akan lebih tertarik dan bersemangat untuk makan.
  3. Beri porsi makan yang sedikit
    Jika Bunda memberinya makanan satu piring penuh, tentu malah akan membuat dia tidak mau makan. Jadi berilah porsi yang sedikit dan diberikan secara beberapa kali, hal ini justru akan meningkatkan nafsu makan anak.

Baca juga : 5 Resep Makanan Untuk Balita yang Tidak Membosankan

Memberikan Suplemen Nafsu Makan Anak

Bunda harus tau, bahwa tidak semua anak memerlukan suplemen vitamin penambah nafsu makan. Hal ini dikarenakan nutrisi yang baik untuk tubuh itu bersumber dari makanan, berbagai ragam makanan yang memenuhi 4 sehat 5 sempurna sangat wajib dikonsumsi untuk menunjang pertumbuhan anak.

Ciri-ciri anak yang memerilukan suplemen vitamin penambah nafsu makan anak :

Suplemen Nafsu Makan Untuk Anak
Anak terlalu banyak makan makanan cepat saji
  1. Anak yang terlalu banyak makan makanan cepat saji
  2. Anak yang selalu memilih makanan, sehingga tidak mendapat nutrisi yang seimbang
  3. Anak yang makannya tidak teratur, sehingga asupan nutrisinya tidak tercukupi
  4. Anak yang jarang minum air putih, karena dapat menyebabkan tubuh kekurangan mineral

Sebelum Bunda memberikan suplemen kepada anak, baiknya untuk berkonsultasi dulu kepada dokter. Dan pastikan anak sudah berusia 4 tahun keatas.

Tips memilih suplemen untuk anak :
– Pastikan suplemen sesuai dengan usia anak
– Suplemen sudah terdaftas serta lulus BPOM
– Perhatikan kandungan yang terdapat pada suplemen vitamin
– Konsumsi sesuai dosis yang tertera pada kemasan


Loading...
Baca selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close