Dunia Anak

Ini Pentingnya Anak Bermain Di Luar Rumah, Terutama untuk Meningkatkan Kecerdasan

Semakin berkembangnya teknologi tampaknya semakin membatasi anak bermain di luar rumah. Banyak diantara orang tua justru memberikan permainan daripada harus membiarkan anak mereka bermain di luar ruangan.

Banyak anak jaman sekarang jarang bermain di luar rumah bersama dengan teman-temannya dengan beberapa alasan, salah satunya justru larangan dari orang tuanya sendiri.

Beberapa alasannya adalah karena takut anak tertular penyakit serta banyak bahaya yang mengancam anak apabila bermain di luar.

Sebenarnya dengan memperbolehkan anak bermain di luar rumah, orangtua juga membuat anak lebih kebal terhadap penyakit.

Dengan bermain di luar rumah dan anak bermain kotor-kotoran, terpapar dengan bakteri dan segala jenis kuman justru akan dapat membuat sistem kekebalan tubuh bagi anak.

Tubuh anak dapat lebih mengenal  jenis zat-zat berbahaya yang masuk ke tubuh sehingga akan membentuk faktor pertahanan tubuh yang lebih kuat.

Dengan adanya pengawasan langsung dari orang tua, anak juga akan merasa lebih aman. Dengan begitu anak merasa lebih  bebas untuk bermain dan mengeksplorasikan dirinya.

5 Pentingnya Anak Bermain Di Luar Rumah

Pentingnya Anak Bermain Di Luar Rumah

1. Menambah aktivitas belajar dan keberanian anak

Bermain di luar rumah memberikan kesempatan bagi anak untuk melihat dan menyentuh secara langsung benda-benda yang sebelumnya hanya mereka lihat pada gambar atau buku pelajaran.

Selain itu, akan melatih keberanian mereka, ekspresi anak juga akan bisa Anda lihat secara langsung. Hal ini akan menunjukkan kepada Anda tentang aktifitas anak yang sebenarnya.

Jangan lupa untuk selalu di awasi secara langsung, agar keselamatan jiwanya juga selalu terjaga.

2. Baik untuk pertumbuhan tulang anak dan membantu olah raga

Bermain di luar rumah memberi kesempatan bagi anak untuk menerima sinar matahari yang membantu meningkatkan vitamin D pada tubuh

Hal ini akan baik untuk pertumbuhan tulang anak, dengan membiarkan anak bermain di luar rumah dan terpapar sinar matahari.

Lakukan selama 10-15 menit saja sambil bermain untuk olah raga kecil, maka sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin D bagi pertumbuhan tulang anak.

3. Merangsang kreativitas dan imajinasi

Pentingnya Anak Bermain Di Luar Rumah

Lingkungan bisa merangsang kreativitas dan imajinasi anak lebih luas, dibandingkan dengan anak yang hanya melihat layar Gadget, komputer, atau televisi.

Baca jugaBegini, Cara Mengalihkan Perhatian Balita yang Keseringan Bermain Gadget

Anak dapat langsung berinteraksi dengan lingkungan sekitar, tidak hanya melihat, namn juga bisa menyentuh, mencium, dan mendengar, sehingga akan lebih banyak mengaktifkan indera mereka.

Bawalah sesekali anak Anda ke tempat yang belum pernah dikunjunginya, seperti ke taman, kebun binatang ataupun alam pegunungan.

Imajinasi anak akan terus berkembang, seiring dengan apa yang dia lihat, dia sentuh dan rasakan secara langsung. Selain itu dapat membuat anak berpikir lebih luas dan menciptakan kreativitas sang anak.

4. Menumbuhkan rasa percaya diri anak

Berinteraksi dengan dengan lingkungan dan teman bermain dapat membangun kepercayaan diri bagi anak secara perlahan.

Secara tidak langsung juga akan menumbuhkan rasa keberanian serta rasa percaya diri yang kuat untuk bertemu dan berinteraksi dengan teman baru atau orang baru serta mengenal lingkungan baru.

5. Meningkatkan konsentrasi dan kecerdasan anak

Menghabiskan waktu dengan bermain di luar rumah akan mampu meningkatkan daya konsentrasi anak. Bahkan anak akan bisa berpikir secara cepat dan cerdas.

Hal ini sudah terbukti pada pasien ADHD, yakni gangguan pada perkembangan otak yang dapat menyebabkan penderitanya menjadi hiperaktif, impulsif dan sulit untuk memusatkan perhatian.

Nah, banyak sekali manfaat bermain di luar rumah bagi anak kan? Luangkanlah waktu dan ajak anak Anda untuk bermain di luar bersama seluruh anggota keluarga.

Baca selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Close