Dunia Anak

Tips Agar Anak Tidak Mabuk Selama Perjalanan

Saat libur sekolah yang panjang pasti jenuh apabila diam dirumah saja, pergi berlibur adalah hal yang sangat disenangi oleh anak-anak. Akan tetapi saat ingin melakukan perjalanan jauh Ibu sering cemas karena anak-anak biasanya sangat rentan sekali dengan mabuk selama perjalanan.

Hal tersebut bisa menyebabkan anak rewel dan membuat merasa tidak nyaman selama perjalanan, jadi Ibu harus bisa menjaga kondisi tubuh anak untuk mencegah dia mengalami mabuk perjalanan.

Baca juga : Tips Liburan Ke Bali Dengan Budget Pas-pasan

Tips Agar Anak Tidak Mabuk Selama Perjalanan

Agar perjalanan terasa lebih tenang, aman dan nyaman Ibu harus perhatikan tips-tips dibawah ini ya.

  • Perhatikan Makanan Anak

Pada saat ingin melakukan perjalanan jauh, makanan sangatlah mempengaruhi kondisi badan anak. Sebaiknya hindari makanan yang terlalu pedas, bersantan, berlemak, dan makanan dengan bumbu yang berlebihan seperti kare, opor.

Karena makanan berat tersebut dapat memicu rasa mual pada anak, akan tetapi jangan sampai melakukan perjalanan jauh dengan perut kosong. Sebaiknya Ibu menggantinya dengan memberikan anak makanan ringan seperti snack, biskuit, dan roti.

  • ¬†Perhatikan Udara Didalam Kendaraan

Anak butuh udara yang segar agar tidak merasa mual, pastikan kendaraan ada ventilasi untuk sirkulasi udara. Walaupun kendaraan ber-AC, sesekali bukalah jendela agar anak tidak merasa mual atau kedinginan.

  • Jangan Biarkan Anak Bermain Hp atau Membaca Buku

Dengan membaca buku, melihat video saat di perjalanan akan menciptakan stimulasi visual yang berlebihan yang bisa membingungkan fikiran anak dengan gerak kendaraan. Dampaknya, sinyal tubuh yang salurkan ke otak akan berbeda-beda.

Ibu bisa menunjukan hal-hal yang menarik di sepanjang jalan, sambil bercerita-cerita seru, mengajaknya mendengarkan musik dan bernyanyi bersama, atau biarkan dia tertidur untuk mengalihkannya dari rasa mual.

Baca juga : Begini, Cara Mengalihkan Perhatian Balita yang Keseringan Bermain Gadget

  • Posisi Duduk yang Benar

Posisi duduk juga mempengaruhi loh.. Posisi duduk yang salah akan dapat menyebabkan anak merasa mual dan akhirnya muntah. Saat melakukan perjalanan, pastikan tempat duduk anak menghadap langsung ke depan pilihlah tempat duduk bagian tengah karena kursi bagian tengah sangat minim mengalami goncangan.

  • Berikan Obat

Solusi terakhir agar anak tidak mabuk selama perjalanan adalah dengan memberikannya obat anti mabuk, jika ingin memberinya obat pastikan anak sudah berusia lebih dari 2 tahun.

Ajak anak minum obat satu jam sebelum perjalanan jauh dimulai, jangan lupa baca aturan pakai yang tertera dikemasan obat. Atau bisa juga menggunakan minyak kayu putih agar perut anak tidak mengalami kembung.

Baca selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Close