Dunia Anak

Tips Agar Anak Tidak Rewel Ketika Ditinggal Bekerja

Tidak sedikit anak yang selalu rewel ketika akan ditinggal oleh Ibunya bekerja, anak akan terus merengek agar Ibu tetap menemani anak dirumah. Padahal Ibu harus bekerja agar kebutuhan dapat terpenuhi dengan baik, lalu bagaimana tips agar anak tidak rewel ketika ditinggal bekerja ?

  1. Ciptakan Pepisahan Yang Unik

    Saat akan meninggalkan rumah, kebanyakan para orangtua menghindari berpamitan dengan anak dengan alasan agar anak tidak menangis. Padahal sebenarnya berpamitan dengan anak itu adalah hal yang penting, harus bisa menyiasati agar anak tdak menangis ketika orangtua berpamitan. Contohnya dengan memeluk si kecil, menciumnya sambil mengatakan “sampai jumpa nanti sore” , atau “kita akan menonton tv bersama selepas Ibu pulang bekerja” , atau bisa gunakan kata-kata lain yang bisa menenangkan hati si kecil.

  2. Pastikan Anak Dirumah Bukan Dengan Orang Asing

    Saat memutuskan hendak meninggalkan anak dirumah, pastikan ada seseorang yang menjagga anak dirumah. Entah itu neneknya, saudara, atau baby sister, sebelumnya harus melakukan pengenalan dulu dengan anak kurang lebihnya 1 minggu. Tujuannya agar anak merasa nyaman dirumah dengan penjaganya tersebut.

  3. Berikan Anak Pemahaman Tentang Alasan Ibu Bekerja

    Jelaskan dengan lembut pada anak, apa alasan Ibu bekerja. Misalnya  dengan mengatakan “Ibu bekerja agar bisa membelikanmu mainan” dengan begitu anak akan lebih dapat memahami ketika Ibu pergi bekerja.

  4. Memahami Perasaan Anak

    Ibu juga harus memahami perasaan anak, ketika ia mulai merengek hendaknya menghiburnya dengan mengajaknya bermain sebelum pergi bekerja. Atau Ibu bisa menjanjikan anak sepulang bekerja akan membacakan buku dongeng untuk anak, dengan begitu hati anak akan lebih ikhlas ketika akan ditinggal Ibu bekerja.

Karena anak memiliki perasaan yang labil dan sensitif, jadi orangtua harus sabar dalam mengurus anak. Tidak ada salahnya jika sesekali dalam sepekan untuk mengajak anak berjalan-jalan bersama, bermain bersama. Dan sesibuk apapun waktu orangtua untuk bekerja, setidaknya sisakan sedikit waktu untuk memperhatikan anak setiap hari. Sebelum atau sepulang bekerja sempatkanlah menemani anak makan, atau bertanya tentang kegiatan anak seharian tadi. Dengan begitu anak akan lebih merasa diperhatikan dan disayangi oleh orangtuanya.

Baca juga : Hindari Membentak Anak, Karena Akan Bepengaruh Buruk


Loading...
Baca selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close