Dunia Anak

Tips Ampuh Melatih Anak Berani Tidur Sendiri

Tidak ada salahnya melatih anak berani tidur sendiri sejak dini, pada usia 3 tahun sudah harus dibiasakan tidur dikamar sendiri. Tapi kebanyakan para orangtua masih tidak tega, padahal membiarkan anak tidur dikamar sendiri ternyata memiliki banyak manfaat.

Manfaat Anak Berani Tidur Sendiri

  1. Anak memiliki rasa percaya diri yang lebih
  2. Anak belajar mandiri
  3. Anak bebas mengatur barang-barangnya dikamar
  4. Anak menjadi pemberani / tidak takut sendirian

Tips Ampuh Melatih Anak Berani Tidur Sendiri

Anak yang sudah berani tidur sendiri, akan tumbuh menjadi anak yang mandiri dan bertanggung jawab. Tapi untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tentu harus melalui proses yang tidak mudah juga. Melatih hal ini juga memerlukan tips khusus dan waktu yang tidak sebentar. Maka Ayah & Ibu diwajibkan untuk mempersiapkan diri, serta sabar dalam melatih hal ini kepada anak. ( Baca : Tips Mendidik Anak agar Menjadi Pemberani dan Mandiri )

  1. Ciptakan Kamar Yang Nyaman

    Ciptakan Kamar Yang Nyaman
    Ciptakan Kamar Yang Nyaman

    Hal pertama yang harus orangtua siapkan agar anak mau tidur sendiri, dengan menyiapkan kamar yang nyaman untuk anak. Buatlah kamar yang sesuai dengan keinginan anak, misalnya dengan warna dinding kesukaan anak, meja belajar, lengkapi dengan mainan kesukaan anak. Dengan desain kamar yang sesuai dengan impian anak, akan membuat anak memiliki ruang pribadi sendiri.

  2. Mulai Pelan-pelan

    Untuk dapat membiasakan anak tidur sendiri, ada baiknya untuk mempersiapkan anak terlebih dahulu. Hindari menakut-nakuti anak dengan hal yanng seram, atau hal lain yang dapat membuat anak tidak tenang. Sebaiknya Anda membuat anak nyaman berada dikamarnya, dengan hal yang menarik misalnya “jika tidur di kamar baru nanti bisa tidur dengan boneka-boneka, dan bisa bergerak leluasa sesuka hatimu”. Buat anak agar percaya, bahwa tidur dikamar sendiri adalah hal yang menyenangkan.

  3. Jadwal Waktu Tidur

    Mengatur jadwal waktu tidur anak, dengan menentukan jam berapa anak harus masuk kamar. Cara ini dapat membuat anak belajar mengenal waktu tidur yang baik, dan juga dapat melatih kedisiplinan anak.

  4. Jauhkan Anak Dari Sumber Gangguan

    Anak akan susah tidur jika didalam kamarnya ada gangguan misalnya tv yang menyala, komputer, atau mainan yang ada lampunya. Sebaiknya sebelum anak tidur, periksa kamarnya apakah semuanya sudah aman. Agar anak dapat tidur dengan tenang tanpa gangguan apapun.

  5. Tetap Konsisten

    Jika anak sudah berani tidur dikamar sendiri, tapi suatu malam anak menyusul ke kamar Anda dengan alasan takut. Maka dengan lembut ajak anak untuk kembali ke kamarnya, tanyakan apa yang membuat anak takut. Setelah anak menceritakan hal yang membuatnya takut, tenangkanlah anak dan buat agar anak tidak menghiraukan rasa takutnya itu. Temani anak hingga tidur terlelap.

Baca selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close