Dunia Anak

Tips Ampuh Meningkatkan Daya Ingat Balita

Daya ingat merupakan hal yang paling penting, karena dapat mempengaruhi kemampuan proses belajar pada balita. Fungsinya untuk menerima dan mengolah segala informasi, yang kemudian diserap oleh otak anak. Pada usia balita, daya ingatnya cenderung masih singkat dan akan terus berkembang seiring pertumbuhan usianya. Agar balita memiliki daya ingat yang baik, maka harus dilatih sejak usia dini. Untuk itu para orangtua harus memahami tips ampuh meningkatkan daya ingat balita, agar balita memiliki daya ingat yang tajam.

  1. Bermain Permainan Edukatif

    Ini yang paling penting, anak diusia balita sangat senang bermain. Untuk itu kita harus mendukungnya, dengan memberikannya permainan yang edukatif. Permainan edukatif adalah permainan yang dapat merangsang kecerdasan otak anak, dapat meningkatkan fokus anak.

    Selain itu permainan ini juga dapat meningkatkan memori anak, karena dalam permainan ini anak akan mencoba menyelesaikan masalah. Permainan ini juga dapat merangsang kemampuan motorik anak, sehingga membuat anak lebih kreatif. Contoh permainan edukatif kotak alfabet, balok kayu susun, puzzle, lego, dll.

  2. Dukung Dengan Makanan Bergizi

    Asupan nutrisi juga sangat mempengaruhi kecerdasan anak, karena tak hanya tubuh yang memerlukan nutrisi tapi otak juga perlu asupan nutrisi. Tujuannya agar dapat berkembang secara maksimal, dan memiliki daya ingat yang baik. Nutrisi yang baik untuk kecerdasan otak anak antara lain protein, karbohidrat  kompleks, omega 3 dan 6, zat besi, kolin, vitamin B12, vitamin E, dan alfa lakabumin. ( Baca : Makanan Bergizi Untuk Kecerdasan Anak )

  3. Belajar Melalui Lingkungan Sekitar

    Lingkungan di sekitar juga merupakan sumber ilmu bagi anak, Dari lingkungan anak dapat mempelajari mulai dari alam, hewan, tumbuhan, transportasi, dan sebagainya. Jika belajar dengan melihat secara langsung, maka akan lebih mudah dicerna oleh otak anak dan akan selalu membekas di memori ingatan anak.

    Maka sangat dianjurkan untuk selalu mengajak anak jalan-jalan disekitar, agar anak lebih mengenal lingkungan dan alam. Bunda bisa mengajaknya jalan-jalan ke sawah, kebun, pantai, kebun binatang, dll.

  4. Memiliki Pola Tidur Teratur

    Setelah dengan latihan yang cukup, dan asupan yang bernutrisi harus diimbangi dengan istirahat yang cukup. Karena otak juga butuh istirahat agar dapat bekerja secara optimal, dan memiliki daya ingat yang bagus. Untuk itu pastikan balita memiliki waktu tidur yang cukup, pada usia balita membutuhkan waktu tidur 12 jam sehari.

  5. Iringi Dengan Olahraga

    Olahraga dapat bermanfaat menjaga kestabilan otak anak, memelihara sistem kognitif otak, dapat mempengaruhi sistem syaraf pusat, dan mempertajam ingatan anak. Olahraga yang dimaksud bisa dengan senam, atau jalan santai keliling kompleks.

Baca juga : Tips Memilih Mainan Merangsang Kecerdasan Anak

Baca selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close