Dunia AnakInspirasi

Tips Atasi Bayi Susah BAB

Seorang Bunda pasti akan senantiasa menjaga buah hatinya, agar  selalu sehat dan ceria. Semua orang pasti pernah mengalami susah BAB, rasanya sungguh sangat tidak nyaman. Apalagi jika dialami oleh bayi, jika bayi susah BAB tentunya akan membuat dia rewel sepanjang hari.

Gejala Anak Mengalami Sembelit

Pasti Bunda tidak ingin apabila anak mengalami susah BAB, segala cara akan dilakukan agar anak dapat lekas sembuh. Dibawah ini merupakan tanda-tanda jika anak mengalami sembelit :

  1. Bayi BAB kurang dari 2x dalam seminggu
  2. Bentuk feses cenderung lebih keras dari biasanya
  3. Bayi terlihat kesakitan bahkan menangis saat BAB
  4. Bayi akan lebih rewel dan menangis sambil mengangkat kakinya
  5. Lebih parahnya lagi, disertai dengan bercak darah akibat feses yang terlalu keras

Hal Yang Menyebabkan Anak Sembelit

Sebelum Bunda mengetahui cara penanganan bayi susah BAB, ada baiknya untuk mengetahui hal-hal yang memicu anak susah BAB. Seperti dibawah ini :

  1. Dehidrasi : Kurangnya asupan cairan didalam tubuh, akan menyebabkan feses jadi lebih keras dan sangat sulit untuk dikeluarkan.
  2. Makanan padat : Saat anak sudah beruisa 6 bulan, disitu anak akan berksplorasi dengan makanan baru. Pergantian dari susu ke makanan padat, akan membuat sistem pencernaannya belum terbiasa akan hal itu.
  3. Alergi pada makanan tertentu : Karena sistem pencernaan bayi masih sangat rentan, jadi Bunda perlu hati-hati dalam memilih makanan atau susu formula untuk bayi. Karena jika sistem pencernaannya tidak cocok, bayi bisa mengalami sembelit.

Tips Atasi Bayi Susah BAB

Saat bayi mengalami susah BAB, Bunda tak perlu khawatir secara berlebihan. Dibawah ini merupakan tips yang bisa dicoba dirumah :

  1. Biarkan Anak Aktif
    Jika anak aktif bergerak, hal itu akan membuat feses semakin terdorong oleh usus jadi akan mempermudah proses BAB. Jadi biarkan dia aktif menggerakkan seluruh tubuhnya tengkurap dan merangkak.
  2. Perbanyak Minum Air Putih
    Dengan minum air putih yang cukup, tubuh bayi tidak akan dehidrasi dan pencernaanya akan lebih lancar.
  3. Pilih Makanan yang Mengandung Serat
    Saat bayi mengalami susah BAB, ada baiknya Bunda memberikannya makanan yang mengandung serat seperti buah pepaya, alpukat, pisang.
  4. Pijat Perut Bayi
    Ternyata pijatan dapat membantu meringankan susah BAB, caranya adalah pijat bagian bawah pusar bayi dengan gerakan melingkar. Pastikan saat memijat bayi dalam keadaan yang rileks.
  5. Mandi Air Hangat
    Terbukti dengan mandi air hangat dapat memberi efek menenangkan serta rilek, dengan begitu saluran pencernaanya akan lebih mudah mengeluarkan feses.

Baca juga : Begini Cara Agar Anak Mau Makan Sayur dan Buah-buahan

Jika Bunda sudah melakukan hal-hal diatas, tapi bayi masih merasa kesulitan BAB dan hal ini sudah berlangsung selama hampir 2 minggu. Maka Bunda harus membawanya ke Dokter, untuk penanganan lebih lanjut.

Baca selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Close