Dunia Anak

Tips Cerdas Agar Anak Tidak Suka Jajan Sembarangan

Anak-anak memang memiliki rasa penasaran yang tinggi, melihat orang berjualan jajan anak pasti akan membelinya. Bunda harus memiliki tips cerdas agar anak tidak suka jajan sembarangan, dalam memilih jajan untuk anak pastikan itu makanan yang sehat dan mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh anak. Akan tetapi, diluaran sana ada saja penjual yang menjual makanan yang justru berdampak buruk untuk kesehatan anak.

Anak anak sangat suka jajan sembarangan, asalkan rasanya enak dan memiliki warna yang menarik pasti mereka sanagat menyukai jajanan tersebut. Untuk itu para orangtua harus mengajarkan anak, agar terbiasa mengonsumsi dan membeli makanan yang sehat dan bernutrisi. Karena hal ini adalah tugas orangtua untuk mencegah agar anaknya tidak jajann sembarangan, demi menjaga kesehatan anak.

Tips Cerdas Agar Anak Tidak Suka Jajan Sembarangan

  1. Selalu ajak anak untuk sarapan sebelum sekolah

    Sarapan sebelum melakukan aktivitas sangatlah penting, dengan sarapan dengan makanan yang bergizi dapat meningkatkan kinerja otak. Selain itu, sarapan juga dapat membuat perut anak menjadi kenyang sehingga anak tidak akan jajan sembarangan.

  2. Bawakan anak bekal

    Anak Membawa Bekal Ke Sekolah
    Anak Membawa Bekal Ke Sekolah

    Pastikan untuk membawakan anak bekal untuk dimakan saat disekolah, Bunda bisa membawakan bekal berupa nasi lauk, roti sandwich, kue kering, kue basah, atau makanan ringan yang sehat lainnya. Dengan membawa bekal kesekolah, tentunya anak sudah tidak akan jajan sembarangan lagi. ( Deretan Makanan Sehat Yang Dapat Mencerdaskan Anak )

  3. Batasi uang jajan anak

    Untuk menghindari anak terlalu banyak jajan, maka usahakan untuk membatasi uang jajan anak. Hal ini juga dapat mengajarkan anak untuk belajar hemat, dan menghindari membeli hal yang tidak terlalu penting.

  4. Ajarkan anak untuk menabung

    Mengajarkan anak untuk menabung adalah hal yang penting, ajak anak untuk menyisihkan uang sakunya untuk ditabung. Contohnya ajak anak menabung untuk membeli sepeda atau barang lain yang disukai anak, dengan begitu anak akan manahan diri untuk tidak menghabiskan uangnya buat beli jajan.

  5. Berikan anak penjelasan tentang resiko jajan sembarangan

    Berikan anak penjelasan bahwa jajan sembarangan memiliki dampak buruk untuk kesehatan, serta jelaskan pula makanan yang sehat itu seperti apa. Dengan begitu anak akan selektif dalam memilih makanan, serta  mengurangi niat untuk kebanyakan jajan.


Loading...
Baca selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close