Dunia Anak

Tips Cerdas Cara Merawat Gigi Balita

Merawat gigi sejak bayi sangatlah penting, meskipun jarang sekali orangtua memperhatikan hal ini. Mereka berfikir gigi susu nanti akan tercabut dan tergantikan oleh gigi yang tetap.

Padahal gigi susu juga harus dirawat sejak dini, karena gigi susu yang memiliki peran penting yaitu membantu balita dalam mengunyah, berbicara, tersenyum, dan tertawa, sampai berusia sekitar enam tahun. Gigi susu juga berperan mempersiapkan tempat bagi gigi tetap untuk tumbuh.

Berikut adalah Tips Merawat Gigi Balita :

  • Minum Air Putih

Setelah makan sesuatu, biasakan balita untuk minum air putih. Tidak perlu banyak-banyak minum secukupnya saja, karena dengan minum air putih dapat mengurangi infeksi pada gigi setelah makan sesuatu.

  • Menjaga Kebersihan Gusi

Jagalah kebersihan gusi dengan cara lap gusi balita menggunakan kain lembut yang telah dibasahi air hangat.

  • Rajin Gosok Gigi Dengan Benar

Cara merawat gigi balita selanjutnya adalah dengan gosok gigi. Saat gigi pertama balita sudah tumbuh, saat itulah kita mulai mengajarkan dia cara gosok gigi yang baik. Agar balita juga mulai terbiasa menjaga kebersihan giginya.

Kegiatan gosok gigi sangat baik dilakukan dua kali dalam sehari, yaitu saat pagi hari dan di malam hari sebelum tidur. Sebaiknya menggunakan sikat yang lembut dan sikatlah dengan gerakan memutar, supaya dapat menjangkau semua bagian gigi balita.

  • Pilih Pasta Gigi yang Sesuai

Lebih baik gunakan pasta gigi yang tidak memiliki rasa dan aroma, karena jika pasta gigi memiliki rasa dan aroma balita pasti berfikir kalau itu adalah makanan tentu balita pasti menelannya.

Karena jika balita menelan pasta gigi dalam jumlah yang banyak dapat memicu diare pada balita. Meskipun banyak pasta gigi balita yang memang boleh ditelan, tapi tetap saja paling bagus adalah pasta gigi yang tidak memiliki rasa dan aroma.

  • Menjaga Makanan yang Dikonsumsi Balita

Kenalkan balita dengan makanan sehat sejak dini supaya gigi susu dan gigi tetapnya selalu terawat. Kurangi makanan yang banyak mengandung gula.

Baca juga : Makanan Untuk Anak yang Sering Muntah

  • ┬áKonsultasi ke Dokter Gigi

Saat gigi pertama bayi sudah tumbuh, saat itulah orangtua wajib melakukan cek ke dokter gigi. Konsultasikan mengenai cara merawat gigi balita dan tanyakan apa saja seputar kesehatan gigi anak.

Pasti akan senang jika memiliki balita yang giginya bersih, rapi dan sehat. Jadi kita sebagai orangtua harus rajin menjaga dan merawat gigi anak.. Semoga bermanfaat

Baca selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close