Dunia AnakLifestyle

Tips Membuat Bandana Bayi Lucu Tanpa Harus Beli

Anda bisa lebih kreatif untuk membuat aksesoris untuk buah hati perumpuan, salah satunya adalah dengan membuat bandana bayi agar terlihat lucu dan menggemaskan. Bahan yang digunakan pun bisa ditemukan dengan mudah atau bisa menggunakan bekas kain yang tidak digunakan.

Ada beberapa langkah sederhana dalam membuat bandana bayi, yang paling penting adalah pemilihan bahan yang digunakan serta dan ukuran yang pas.

Beberapa kain perca yang halus berbahan brukat halus atau cotton bisa Anda gunakan, yang penting bukan kain kasar, sebab kulit bayi sangat sensitif.

Baca juga : Cara Memilih Baju Muslim Anak Agar Terlihat Modis

Tips Membuat Bandana Bayi

Bandana bayi lucu

1. Pilih Bahan yang Nyaman

Bahan yang digunakan untuk bandana juga harus diperhatikan secara detail agar si kecil merasa nyaman saat menggunakannya. Dan yang terpenting tidak mengganggu aktivitasnya.

Pilih bahan yang nyaman untuk kepala bayi perempuan Anda. Bahan kain yang nyaman biasanya adalah bahan yang mudah menyerap keringat dan tidak terlalu tebal.

Beberapa bahan yang dapat dijadikan bandana bayi adalah kain perca dari bahan katun Jepang maupun lokal, brukat halus, juga cotton combed atau sejenis bahan-bahan yang  elastis.

2. Pilih Model Bandana yang sesuai

Model bandana bayi juga tergantung pada bahan kain serta alat yang dipersiapkan. Contoh model bandana juga banyak sekali tersedia di internet.

Anda bisa gunakan salah satu model bandani bayi atau sesuaikan dengan kreasi dengan warna yang sesuai agar tampak lebih menarik.

3. Menyiapkan Perlengkapan Bahan dan Alat

Setelah Anda menentukam model bandana bayi yang pas, selanjutnya adalah menyiapkan bahan dan alat. Biasanya alat yang diperlukan untuk membuat bandana adalah:

  • Gunting
  • Benang
  • Jarum
  • Lem tembak (plus isi ulang)
  • Meteran kain (untuk mengukur kepala si kecil)

Semua bahan tergantung pada model yang diinginkan, Anda bisa memiilih bandana dengan model simpel tanpa hiasan apabila menggunakan bahan elastis seperti cotton combed.

Apabila bahan yang digunakan tidak elastis, gunakan karet untuk di bagian belakang atau dalam dari bandana.

4. Ukur Kepala Si Kecil dan sesuaikan dengan bandana

Mengukur kepala si keciladalah hal yang paling penting agar sesuai dengan bandana tersebut. Bandana yang terlalu kecil dari ukuran kepala si kecil akan membuat si kecil dan tidak nyaman.

Bandana yang tidak pas dan kekecilan juga dapat menyebabkan sakit pada kepala si kecil.

5. Menjahit Bandana

Anda bisa menjahit bandana bayi dengan mesin jahit agar terlihat lebih rapi. Namun, Anda juga bisa menjahitnya dengan jarum dan benang

Menjahit bandana bayi sangat mudah dan tak serumit membuat baju. Bandana buatan tangan sendiri akan lebih berkesan dan dapat dijadikan pengalaman.

6. Menghias Bandana

Tahap terakhir adalah menghias bandana itu sendiri. Anda bisa menghias bandana bayi sesuai keinginan. Ada beberapa bahan yang sering dijadikan hiasan atau bahan tambahan pada bandana, diantaranya:

  • Kancing bekas
  • Aksesoris bunga yang telah terlepas dari pakaian
  • Renda
  • Brukat
  • Pita
  • Mote manik-manik
  • Bunga buatan dari kain
  • Kain flanel

Nah, dari pada membeli, Anda bisa berkreasi sendiri membuat bandana bayi yang lucu dari bahan – bahan yang tersedia dirumah.


Loading...
Baca selanjutnya

Shafira Ayu

Blogger pemula

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close